Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSI Memang Cari Panggung, tetapi Manfaatnya Dirasakan Masyarakat

Jumat, 01 November 2019 – 23:56 WIB
PSI Memang Cari Panggung, tetapi Manfaatnya Dirasakan Masyarakat - JPNN.COM
Anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana saat rapat Komisi A di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (31/10/2019). Foto: ANTARA/Livia Kristianti/pri

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai positif langkah anggota DPRD DKI Jakarta dari PSI, William Aditya Sarana menyoroti empat mata anggaran yang dinilai aneh pada dokumen Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020.

Menurut Ujang, langkah tersebut positif ketika dilakukan untuk kepentingan masyarakat dan bukan demi pencitraan partai semata. "Positif-positif saja, asal dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Bukan untuk pencitraan PSI semata. Karena bagaimanapun APBD itu untuk rakyat. Jadi rakyat harus tahu proses penganggarannya," ujar Ujang kepada JPNN.com, Jumat (1/11).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini lebih lanjut menyatakan, PSI juga diuntungkan dengan langkah kadernya aktif menjalankan tugas sebagai anggota dewan.

Paling tidak, partai yang dipimpin Grace Natalie itu mendapat penilaian positif dari masyarakat, sebagai partai yang kritis menjalankan fungsi check and balances di DKI Jakarta.

"Menguntungkan PSI, karena sedang cari panggung. Nah. panggung pertama sudah ditemukan untuk membentuk framing pencitraan di mata publik," katanya.

Bagaimana peran fraksi lain di DPRD DKI Jakarta menanggapi temuan William? Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini memprediksi sedang cooling down.

"Fraksi lain mungkin cooling down. Diam karena takut disalahkan, atau takut terbawa-bawa pemberitaan negatif yang tidak menguntungkan. PSI akan semakin kencang bermanuver. Karena sangat menguntungkan. PSI sedang bermain total football di Jakarta. Di saat yang sama partai-partai lain memperagakan sepak bola bertahan," pungkas Ujang. (gir/jpnn)

Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai positif langkah anggota DPRD DKI Jakarta dari PSI, William Aditya Sarana menyoroti usulan anggaran janggal di Pemprov DKI

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close