Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Psikolog Forensik Sarankan Polisi Brutal Dipecat

Jumat, 26 Juli 2013 – 01:48 WIB
Psikolog Forensik Sarankan Polisi Brutal Dipecat - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel memandang fenomena kekerasan Polri versus TNI, Brimob versus Sabhara belakangan ini secara psikologi dinilai aneh karena belum ada literatur ilmiahnya.

Menurutnya kalau kekerasan di lingkungan TNI masih bisa dianggap wajar karena tugas mereka memang untuk tempur. Namun tidak untuk penyerangan oleh 30 anggota satuan Brigade Mobil (Brimob) Srondol, Jawa Tengah ke markas satuan Sabhara Polda Jawa Tengah di Mijen, Semarang, Rabu (24/7).

"Tak ada literatur ilmiah tentang fenomena aneh ini," kata Reza melalui pesan singkatnya kepada jpnn.com, Kamis (25/7) malam.

Pakar psikologi forensik pertama yang dimiliki Indonesia ini tidak menampik bahwa kondisi ini juga disebabkan tidak maksimalnya peran tes psikologi dalam proses penerimaan bintara Polri.

"Perlu dipertegas bahwa proses seleksi personel polisi harus bisa menyaring sehingga hanya mereka dengan potensi kekerasan minimal yang bisa menjadi polisi," tegasnya.

Menurutnya, penyerangan oknum Brimob ke markas Sabhara bentuk nyata bibit kebrutalan. Nah, sebelum bibit itu berkembang biak hingga membahayakan masyarakat. "Pecat saja mereka yang terlibat dalam Brimob vs Sabhara tersebut. Kompolnas harus selidiki, adakah kejanggalan sehingga mereka bisa diterima sebagai bintara?" Pungkasnya. (fat/jpnn)

JAKARTA - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel memandang fenomena kekerasan Polri versus TNI, Brimob versus Sabhara belakangan ini secara

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA