Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puji Performa MK di Forum Internasional, Habib Aboe Bakal Hadir di Solo

Selasa, 08 Agustus 2017 – 21:10 WIB
Puji Performa MK di Forum Internasional, Habib Aboe Bakal Hadir di Solo - JPNN.COM
Aboe Bakar Al Habsy. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Habib Aboebakar Alhabsyi akan menghadiri Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia (AACC) pada 9-10 Agustus 2017 di Solo, Jawa Tengah. Aboe melihat langsung bagaimana performa MK dalam hubungan internasional.

Aboe menilai kehadiran peserta dari 16 negara juga menunjukkan bahwa MK memiliki kredibilitas yang baik sebagai penyelenggara simposium. Tentunya kinerja yang baik dari MK ini tidak lepas dari kepemimpinan Ketua MK Arief Hidayat.

"Karenanya, tidak salah bila kemarin Prof Arief Hidayat kembali terpilih sebagai ketua MK, karena memang di bawah kepemimpinan beliau muruah MK RI dilihat secara baik dari berbagai negara lain maupun lembaga yang sejenisnya,” papar Aboe, Selasa (8/8).

Aboe pun menilai tema simposium "Mahkamah Konstitusi sebagai Penjaga Ideologi dengan Demokrasi di Dalam Masyarakat yang Plural" sangat kekinian. Ini sesuai dengan situasi nasional yang banyak mendiskusikan soal demokratisasi dan penjagaan ideologi.

"Kita tentunya berharap acara ini akan semakin meneguhkan posisi MK RI sebagai penjaga ideologi bangsa, serta mematangkan cara pandanganya terhadap demokrasi," kata Aboe.

Menurut dia, ini akan menunjukkan cara pandang masing-masing negara tentang demokrasi di tengah pluralitas masyarakat internasional. Sehingga akan terlihat titik singgung persamaan dan perbedaan untuk lebih meneguhkan jati diri masing-masing negara.

Salah satu tema demokratisasi yang melekat dengan MK adalah penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah. Tahun depan akan diselenggarakan 171 Pilkada serentak di Indonesia.

Ini adalah satu batu uji untuk MK dalam mengawal demokratisasi di Indonesia. "Saya minta MK menyiapkan performa terbaik untuk menghadapi perhelatan nasional tersebut," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.(boy/jpnn)

Anggota Komisi III DPR Habib Aboebakar Alhabsyi akan menghadiri Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close