Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramalan Ekonomi ADB untuk Kawasan Asia Pasifik, India Oke tetapi Tingkok, Aduh!

Jumat, 12 April 2024 – 06:23 WIB
Ramalan Ekonomi ADB untuk Kawasan Asia Pasifik, India Oke tetapi Tingkok, Aduh! - JPNN.COM
Asian Development Bank (ADB) merilis laporan Asian Development Outlook (ADO) April 2024 terkait pertumbuhan ekonomi. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) merilis laporan Asian Development Outlook (ADO) April 2024.

Kepala Ekonom ADB Albert Park menyebutkan bahwa perekonomian Asia-Pasifik kemungkinan tumbuh rata-rata 4,9 persen pada 2024, didukung kuatnya permintaan domestik, membaiknya ekspor semikonduktor, dan pulihnya pariwisata.

"Kami berpandangan bahwa pertumbuhan pada mayoritas perekonomian di kawasan Asia yang sedang berkembang akan stabil pada tahun ini dan tahun berikutnya,” kata Albert di Jakarta, Kamis (11/4).

Menurut Albert, pertumbuhan akan berlanjut dengan tingkat yang sama tahun depan.

Kemudian, Albert menyebutkan di dalam ADO inflasi diperkirakan akan melandai pada 2024 dan 2025, setelah terdongkrak naik oleh peningkatan harga pangan di berbagai perekonomian selama dua tahun terakhir.

Albert menuturkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat di Asia Selatan dan Tenggara yang didorong oleh permintaan domestik dan ekspor, mengimbangi perlambatan di Tiongkok akibat kemerosotan pasar properti dan lemahnya konsumsi.

India diproyeksikan akan tetap menjadi mesin pertumbuhan penting di Asia dan Pasifik, dengan pertumbuhan 7 persen pada 2024 dan 7,2 persen di 2025.

Pertumbuhan Tiongkok diperkirakan melambat menjadi 4,8 persen tahun ini dan 4,5 persen tahun depan, dari sebelumnya 5,2 persen tahun lalu.

Namun, para pembuat kebijakan harus tetap waspada karena masih ada sejumlah risiko.

Berbagai risiko itu termasuk gangguan rantai pasokan, ketidakpastian mengenai kebijakan moneter Amerika Serikat, efek cuaca ekstrem, dan berlanjutnya pelemahan pasar properti di Tiongkok.

"Keyakinan konsumen masih membaik dan investasi secara keseluruhan masih kuat. Permintaan eksternal pun tampaknya sudah berbalik positif, terutama dalam hal semikonduktor," ujar Albert.(antara/jpnn)

Asian Development Bank (ADB) merilis laporan Asian Development Outlook (ADO) April 2024.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close