Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Orang Dievakuasi ke Luar Pulau Palue

Senin, 12 Agustus 2013 – 14:41 WIB
Ratusan Orang Dievakuasi ke Luar Pulau Palue - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Penanganan darurat erupsi Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupataen Sikka, Provinsi NTT masih dilakukan. Sejak letusan Sabtu (10/8) lalu, hingga hari ini sudah 511 jiwa masyarakat di sekitar gunung dievakuasi keluar dari Pulau Palue  ke Maumere.

Sebagian besar pengungsi adalah warga Pulau Palue di Kecamatan Palue, khususnya dari Kampung Koa, Desa Rokirole dan Nitung di Desa Nitunglea. Mereka dievakuasi ke Maumere dan ke titik aman di Uwa, Desa Reruwerere di Pulau Palue melalui Pantai Cua di Desa Nitunglea.

"Evakuasi berlangsung sejak Minggu (11/8) hingga hari ini. Evakuasi menggunakan 6 buah kapal motor yang telah disiapkan Pemda Sikka dan aparat di  Palue," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Senin (12/8).
 
Menurutnya, di Maumere para pengungsi untuk sementara ditempatkan di tenda-tenda di lapangan dan aula Kantor Bappeda Sikka. Nantinya, pengungsi akan disebar ke beberapa gedung yang lebih memadai. BNPB mengklaim persediaan makanan untuk pengungsi masih cukup untuk 4 hari ke depan.

Sejauh ini BNPB  telah mengirimkan bantuan logistik ke Maumere berupa 20 ribu masker, 500 paket sandang, 500 paket family kit, 500 paket kid ware, dan 1.000 selimut. Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah tikar, air bersih, air mineral, permakanan, dan masker.
 
Sutopo menambahkan, sesuai dengan otonomi daerah maka penanganan bencana juga didesentralisasikan. Penanggung jawab penanganan bencana adalah Bupati/Walikota dan Gubernur. Sementara BNPB hanya memberikan pendampingan dalam teknis, administratif, peralatan, dan pendanaan.

Oleh karena itu, penanganan pengungsi, relokasi, tata ruang, penyediaan kebutuhan dasar dan sebagainya adalah kewenangan Pemda. Saat ini ada 15 personil BNPB berada di Maumere dan Palue untuk mendampingi BPBD setempat.(Fat/jpnn)

JAKARTA - Penanganan darurat erupsi Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupataen Sikka, Provinsi NTT masih dilakukan. Sejak letusan Sabtu (10/8) lalu,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA