Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Ribu Orang Mudik Gunakan Kapal Laut

Sabtu, 08 Juni 2019 – 21:21 WIB
Ratusan Ribu Orang Mudik Gunakan Kapal Laut - JPNN.COM
Mudik gratis dengan menggunakan kapal. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 960.494 orang menggunakan kapal laut sebagai penumpang mudik Lebaran 2019 dari H-15 (21/5) sampai dengan H + 1 (7/6).

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 juga mencatat Pelabuhan Batam menjadi pelabuhan terpadat dengan jumlah penumpang hingga H+1 (7/6) pukul 06.00 WIB sebanyak 153.792 orang.

"Secara berturut-turut selain Batam adalah Tanjung Balai Karimun dengan 105.699 orang, Tanjung Pinang (63.665), Ternate (49.263) dan Balikpapan (42.740)," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko.

Hingga H+1, dari 51 pelabuhan yang dipantau tidak terlihat adanya penumpukan penumpang dan tidak ada penumpang di pelabuhan yang tidak terangkut oleh kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan tersebut.

Khusus pemantauan di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara, Capt. Wisnu menyebutkan adanya tren peningkatan penumpang dalam masa libur lebaran 2019 ini karena banyaknya masyarakat yang memanfaatkan liburan Lebaran ke Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal Tradisional dari Pelabuhan Kali Adem.

"Tercatat per 7 Juni sebanyak 4.331 orang penumpang tujuan Kepulauan Seribu yang diangkut dengan 22 kapal. Ada kenaikan jumlah penumpang bila dibandingkan pada 6 Juni dan diperkirakan Sabtu (8/7) akan semakin banyak jumlah penumpang ke Kepulauan Seribu," kata Capt. Wisnu.

Capt. Wisnu meminta agar setiap pihak baik operator maupun masyarakat selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dan jangan memaksakan diri bila kapal sudah penuh serta meminta agar nakhoda kapal selalu memperhitungkan faktor cuaca.

"Utamakan keselamatan pelayaran, seperti di Pelabuhan Kali Adem, pastikan yang naik ke atas kapal sudah menggunakan life jacket. Selalu ingat bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama," tandas Capt. Wisnu.(chi/jpnn)

Masyarakat diminta selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dan jangan memaksakan diri bila kapal sudah penuh.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close