Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Hewan Ternak di Karawang Terkena PMK, Dinas Pertanian Langsung Melakukan Ini

Kamis, 09 Juni 2022 – 21:59 WIB
Ratusan Hewan Ternak di Karawang Terkena PMK, Dinas Pertanian Langsung Melakukan Ini - JPNN.COM
Ilustrasi hewan ternak. (ANTARA/Ronny NT/dok)

jpnn.com, KARAWANG - Sebanyak 236 ekor hewan ternak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Adanya kasus PMK pada hewan ternak itu diketahui setelah Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan di tempat penjualan hewan ternak dan tempat peternakan di wilayah tersebut.

“Kasus virus PMK pada hewan di Karawang terjadi 18 Kecamatan. Kalau jumlah kasusnya sekitar 236 ekor sapi,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Karawang, Handoko saat dihubungi di Karawang, Kamis (9/6).

Handoko mengatakan bahwa rata-rata sapi ini didatangkan dari luar Karawang. “Memang kondisi baru datang sehat, tetapi jarak 2-3 hari sakit kemungkinan disinyalir di tubuhnya membawa virus,” katanya. 

Menurut dia, untuk  penanganan yang dilakukan terkait kasus PMK itu, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang langsung memberikan multivitamin dan antibiotik. 

Dalam kesempatan itu, Handoko mengingatkan seluruh peternak supaya ketik mendatangkan hewan ternak dari luar daerah, jangan dulu langsung dicampur dengan yang sudah ada, minimal diisolasi terlebih dahulu selama dua minggu.

“Kemudian dilihat perkembangannya apakah hewan itu bergejala PMK atau tidak,” kata dia.

Gejala-gejala hewan yang terjangkiti virus PMK, di antaranya, mengalami demam, salifasi ditandai air liur yang berlebihan. 

Kemudian ada luka-luka dibagian moncong mulut, gusi, di bibir, dan kalau hewan yang sudah parah itu luka-luka di kaki dan di bawah kaki. (antara/jpnn)

Dinas Peternakan Kabupaten Karawang menemukan 236 hewan ternak terkena PMK, tersebar di 18 kecamatan. 

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close