Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Rizal Ramli Jawab Tantangan Debat soal Haji, Yandri Susanto Bagaimana, Siap?

Selasa, 08 Juni 2021 – 14:42 WIB
Rizal Ramli Jawab Tantangan Debat soal Haji, Yandri Susanto Bagaimana, Siap? - JPNN.COM
Ekonom Rizal Ramli jawab tantangan debat soal haji dari Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis ProDEM (ProDemokrasi) Iwan Sumule menyebut ekonomi Rizal Ramli menjawab tantangan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto untuk berdebat mengenai dana dan pengelolaan haji.

Iwan berbicara itu setelah menerima mandat dari Rizal Ramli mengurusi tantangan legislator fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu terkait masalah haji.

"DR Rizal Ramli ini tokoh besar, saya minta ketua Komisi VIII DPR menyampaikan tantangan itu secara resmi, tertulis atas nama lembaga, bukan nantang-nantang di media sosial," kata Iwan dalam keterangan persnya, Selasa (8/6).

Alumnus Universitas Kristen Indonesia (UKI) itu mengatakan, Rizal sebenarnya prihatin terhadap seorang legislator DPR RI yang menantang berdebat menyusul pernyataan eks Menko Ekuin itu soal pembatalan keberangkatan haji 2021.

“Ini anggota DPR belajar demokrasinya di mana? DPR, kok, berfungsi sebagai wakil pemerintah, lengkap dengan tabiatnya yang suka marah. Kalau belum paham demokrasi, bisa kursus demokrasi gratis di ProDEM," ucap tokoh muda pergerakan Demokrasi Indonesia itu.

Namun, kata Iwan, Rizal Ramli memasang syarat sebelum menjawab tantangan berdebat dari Yandri Susanto, yaitu DPR membuat panitia khusus (Pansus) soal haji.

Setelah Pansus Haji terbentuk, katanya, barulah para legislator di Senayan itu mendatangkan Rizal untuk berbicara membahas persoalan haji dan pengelolaan dananya.

"Kalau belum ada, Komisi VIII bikin dulu pansusnya. Sebab, Bang RR (Rizal Ramli, -red) itu kapasitasnya bicara di Panitia Khusus DPR,” tegas Iwan.