Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rudi Janji Tak Akan Menangis Saat Divonis

Selasa, 29 April 2014 – 11:55 WIB
Rudi Janji Tak Akan Menangis Saat Divonis - JPNN.COM
Mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini saat menyimak pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (29/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan suap pengurusan kegiatan di SKK Migas dan tindak pidana pencucian uang, Rudi Rubiandini akan menerima vonis dari majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (29/4). Rudi masih yakin dirinya tidak menerima suap.

"Selama ini apa yang dituduhkan kepada saya menerima suap itu tidak benar. Saya tidak pernah minta. Dan saya melakukan tender dengan benar," katanya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (29/4).

Meski membantah menerima suap dan melakukan pencucian uang, Rudi mengakui bahwa dirinya menerima gratifikasi. "Kan sudah jelas di pleidoi saya. Saya enggak menerima suap, enggak melakukan TPPU. Saya hanya gratifikasi. Tapi kemarin tuntutan kok cuma copy paste saja dari dakwaan," ujarnya.

Terkait vonisnya, Rudi hanya berharap hakim memberikan hukuman yang sesuai dengan kesalahannya. Mantan Kepala SKK Migas itu mengaku tidak akan menangis ketika mendengarkan vonis.

"Saya cuma ingin hakim menjatuhkan hukuman ke saya sesuai dengan yang seharusnya. Enggak tahu kalau hakimnya takut sama KPK. Saya juga enggak akan menangis bombay. Saya masih punya harga diri," tandas Rudi.

Seperti diketahui, Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Rudi dengan hukuman pidana penjara 10 tahun. Ia dinilai terbukti menerima hadiah dan janji, berupa uang sebesar SGD 200 ribu dan USD 900 ribu dari perwakilan PT Kernel Oil Singapura dan Fossus Energy, Widodo Ratanachaitong melalui Direktur Operasional PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia Simon Gunawan Tanjaya.

Selain itu, Rudi menerima USD 522.500 dari Dirut PT Kaltim Parna Industri Artha Meris Simbolon dari Widodo Ratanachaitong selaku perwakilan PT Kernel Oil Singapura dan Fossus Energy melalui Simon Gunawan.

Jaksa menganggap Rudi terbukti ‎bersalah bersama-sama melakukan tindak pidana korupsisi dan tindak pidana pencucian uang dalam Pasal 12 huruf a Undang-undang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dalam dakwaan kesatu. Selain itu, Rudi dinilai terbukti melanggara Pasal 11 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke -1 jo Pasal 65 ayat (1) dalam dakwaan kedua, serta Pasal 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan tindak pidana pencucian uang jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) dalam dakwaan ketiga. (gil/jpnn)

JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan suap pengurusan kegiatan di SKK Migas dan tindak pidana pencucian uang, Rudi Rubiandini akan menerima vonis dari

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA