Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusia Latihan Militer di Indonesia, Australia Ketar-Ketir

Senin, 01 Januari 2018 – 13:39 WIB
Rusia Latihan Militer di Indonesia, Australia Ketar-Ketir - JPNN.COM
Dua Ilyushin-76 di pangkalan militer di Biak. Foto: Foto: Departemen Pertahanan Rusia-ABC

jpnn.com, BIAK - Australia meningkatkan kewaspadaan menyusul latihan militer Rusia di perairan bebas di utara Papua, Indonesia.

Seperti dikutip Australia Plus dari ABC, dua pesawat Rusia Ilyushin-76 membawa 81 personel tiba di Biak pada tanggal 4 Desember. Pesawat tersebut tiba setelah dua pesawat pembom Tu-95, sehingga jumlah pasukan Rusia yang dikerahkan menjadi 110 orang.

Dalam sebuah pernyataan kepada ABC, Departemen Pertahanan Australia mengatakan mereka dalam posisi siaga.

"ADF (Australian Defence Force, angkatan bersenjata Australia) dalam tingkat kesiapan yang sesuai untuk menanggapi keadaan yang berkembang," bunyi pernyataan tersebut, tanpa secara khusus mengacu pada aktivitas Rusia di Indonesia.

Salah satu pakar pertahanan terkemuka di Australia mengungkap, kemampuan pesawat jarak jauh Rusia, cukup untuk mengumpulkan data intelijen selama kunjungan mereka ke wilayah tersebut.

Direktur Eksekutif dari Australian Strategic Policy Institute, Peter Jennings mengatakan penempatan pasukan Rusia pada awal bulan Desember lalu merupakan langkah signifikan.

"Saya rasa bagi Rusia mengirim beberapa pesawat hingga sejauh ini ke selatan, benar-benar membuktikan kemampuan mereka untuk mencapai jarak panjang," katanya. (australia plus/jpnn)

Rusia kedapatan melakukan latihan militer di perairan utara Papua, Indonesia. Australia pun siaga.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close