Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusli Sebut Durian Montong bisa Menjadi Komoditas Andalan Sulteng

Sabtu, 27 Februari 2021 – 14:48 WIB
Rusli Sebut Durian Montong bisa Menjadi Komoditas Andalan Sulteng - JPNN.COM
Durian montong jadi kebanggaan Sulteng. Foto: dok PPI

jpnn.com, PALU - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Baco Dg Pallabi menyebut durian montong bisa menjadi komoditas andalan Sulteng selain nikel. Terlebih lagi, durian montong tidak memiliki musim alias selalu ada sepanjang masa. 

Hal itu diungkapkan Rusli saat bertemu Ketua badan diaspora dan hubungan luar negeri Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Gerry Hukubun bersama pengurus PPI Sulteng di Sulteng, Sabtu (27/2) ini.

"Di Parigi dan Tolitoli, Sulteng ini, durian bertumbuh sepanjang masa, sehingga ini menjadi komoditas yang seharusnya bisa dikembangkan untuk dipasarkan baik untuk nasional maupun internasional," ujar Rusli dalam keterangan resminya kepada awak media, Sabtu ini.

Dia melanjutkan, durian montong memiliki dua kualifikasi memenuhi prasyarat ekspor, sehingga layak menjadi komoditas Sulteng. Yakni untuk kuantitas dan kualitas yang memadai.

"Sulawesi Tengah dikenal dengan komoditas tambang batu bara belakangan ini, sehingga konsentrasi lebih mengarah ke nikel. Namun, harus bisa melihat potensi komoditas lain yang memang unggulan juga. Salah satunya durian montong," ujar dia. 

"Dengan begitu, suatu saat bisa menjadi komoditas unggulan juga yang bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat," ungkap dia.

Ke depan, dia berharap, pemerintah pusat melihat potensi Sulteng selain nikel, seperti durian montong. Kemudian bersama pemerintah daerah mengembangkan durian montong.

"Saya berharap pemerintah pusat dapat melihat potensi ini agar bisa dikembangkan komoditas durian montong di Sulawesi Tengah ini ke depan," ungkap dia. (ast/jpnn)

Rusli Baco Dg Pallabi menyebut buah durian montong bisa menjadi komoditas andalan Sulteng selain nikel.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close