Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Saatnya Pemuda Membangun Usaha Berbasis Digital

Selasa, 27 Oktober 2020 – 16:18 WIB
Saatnya Pemuda Membangun Usaha Berbasis Digital - JPNN.COM
Syarief Hasan. Foto: Hunas MPR RI

jpnn.com, MAKASSAR - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengingatkan pentingnya menumbuhkakan jiwa kewirausahaan berbasis digital di masa Pandemi Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan dalam Kuliah Umum dengan tema “Building entrepreneurship innovation to be a great digitalpreneur” yang diadakan Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Selasa (27/10). Kegiatan itu diikuti 1.000 lebih peserta dari berbagai kalangan.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal II telah terkontraksi hingga minus 5,32 persen dan berpotensi resesi menimpa Indonesia. UMKM-lah yang paling berperan penting untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia," kata Syarief.

Dia menyebutkan pandemi Covid-19 tidak hanya menghantam sisi kesehatan masyarakat, tetapi juga memporak porandakan perekonomian nasional.

“Kita bisa melihat, indikator lain yakni semakin banyaknya pengangguran akibat PHK besar-besaran, dan melejitnya angka kemiskinan mencapai 26,4 juta rakyat, tertinggi sejak tahun 2017," sebut legislator Partai Demokrat ini.

Eks Menteri Koperasi dan UMKM juga menilai bahwa solusi paling tepat untuk menguatkan kembali ekonomi Indonesia adalah dengan membangun budaya berwirausaha.

“Data menunjukkan bahwa UMKM-lah yang menyerap 97 persen total tenaga kerja dan 99 persen lapangan kerja. Menumbuhkan UMKM sama artinya menjaga rakyat dapat tetap bekerja," katanya.

Karena itu dia mendorong para peserta Kuliah Umum yang didominasi mahasiswa dan akademisi UNM, agar memanfaatkan teknologi digital sebagai ruang baru untuk membangun usaha.

loading...