Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sahle-Work Zewade Jadi Presiden Perempuan Pertama Ethiopia

Sabtu, 27 Oktober 2018 – 14:42 WIB
Sahle-Work Zewade Jadi Presiden Perempuan Pertama Ethiopia - JPNN.COM
Sahle-Work Zewade, perempuan pertama yang jadi presiden Ethiopia. Foto: AFP

jpnn.com, ADDIS ABABA - Wajah Ethiopia semakin berubah. Tak lagi maskulin dan menakutkan. Sebab, mulai Kamis (25/10) negara di Benua Afrika itu punya presiden baru. Seorang perempuan. Namanya Sahle-Work Zewde. Dia merupakan presiden perempuan pertama negara berpenduduk sekitar 35 juta jiwa tersebut.

Dalam pidato pertamanya seusai pelantikan kemarin, Zewde menegaskan bahwa perdamaian harus menjadi landasan utama Ethiopia. Dengan begitu, sejarah kelam pertikaian di negeri itu tidak lagi terulang.

"Ketika negara tak aman, para ibu pasti frustrasi," kata tokoh 68 tahun tersebut seperti dilansir Associated Press.

Pesan damai Zewde tersebut ditujukan kepada para anggota parlemen dan menteri. Di Ethiopia, dua unsur pemerintah itulah yang sering berselisih paham dan saling menjatuhkan. "Utamakan perdamaian. Lakukan itu demi bangsa ini," seru dia.

Di Ethiopia, peran presiden dalam pemerintahan tidak terlalu signifikan. Sehari-hari, perdana menteri (PM)-lah yang lebih berperan.

Pembentukan kabinet dan penetapan anggaran dilakukan oleh PM. Namun, menunjuk diplomat adalah kewenangan presiden.

Dalam masa jabatannya, Zewde akan berpasangan dengan PM Abiy Ahmed di pemerintahan. Duet tersebut diharapkan bisa mendatangkan perubahan di Ethiopia.

Apalagi, Ahmed adalah pemimpin yang tidak alergi kepada tokoh perempuan. Pekan lalu dia baru saja membentuk kabinet yang separo anggotanya perempuan. (bil/c11/hep)

Wajah Ethiopia semakin berubah. Tak lagi maskulin dan menakutkan. Sebab, mulai Kamis (25/10) negara di Benua Afrika itu punya presiden baru

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close