Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sambut Imlek, Wihara Tertua di Bandarlampung Pasang 100 Lilin

Sabtu, 18 Januari 2020 – 21:40 WIB
Sambut Imlek, Wihara Tertua di Bandarlampung Pasang 100 Lilin - JPNN.COM
Lilin berukuran besar berjajar menghiasi altar wihara Thay Hin Bio menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Bandarlampung, Sabtu (18/1). Foto: ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Menyambut tahun baru Imlek 2571 Kongzili, Wihara tertua di Bandarlampung Thay Hin Bio memasang seratus lilin, yang akan dinyalakan pada malam tahun baru Imlek.

"Kami sudah mulai berbenah untuk menyiapkan tahun baru Imlek sejak beberapa hari lalu dengan memasang beberapa ornamen, sebab dua hari ini merupakan hari terakhir untuk kami embersihkan Wihara sebelum perayaan tahun baru," ujar Viria, salah seorang pengurus Wihara, Sabtu (18/1).

Menurutnya, salah satu persiapan yang dilakukan adalah memasang seratus lilin ukuran besar hasil produksi Wihara Thay Hin Bio, di sekitar altar sembahyang.

"Lilin telah dibuat oleh pihak Wihara sejak berbulan-bulan sebelum perayaan, biasanya setelah satu bulan perayaan Tahun Baru Imlek Wihara mulai memproduksi lilin untuk persiapan perayaan di tahun berikutnya,"ujarnya.

Pemasangan lilin serta lampion sebagai salah satu ornamen khas Tahun Baru Imlek memiliki makna tersendiri bagi warga keturunan Tionghoa.

"Kami memasang lilin dan lampion di sekitar altar sebenarnya memiliki filosofi dan harapan, agar setiap jemaat mengoreksi diri atas perbuatan yang telah dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan, seratus lilin yang dipasang di sekitar altar merupakan simbol pengorbanan diri, sedangkan lampion merah merupakan simbol penerangan bagi umat.

"Lilin berkorban dengan melelehkan diri untuk menerangi seluruh orang, hal tersebut mengingatkan kita sebagai manusia agar dapat berkorban dan berguna layaknya lilin yang rela meleleh demi menerangi jalan semua orang," katanya. (antara/jpnn)

Lilin serta lampion sebagai salah satu ornamen khas Tahun Baru Imlek memiliki filosofi dan harapan bagi warga keturunan Tionghoa.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close