Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Dokter Agar Bayi Anda Terhindar dari Virus dan Bakteri

Sabtu, 02 Mei 2020 – 15:14 WIB
Saran Dokter Agar Bayi Anda Terhindar dari Virus dan Bakteri - JPNN.COM
Ilustrasi mencuci perlengkapan si kecil. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Virus Corona telah menjadi pandemi global yang memberikan kekhawatiran bagi masyarakat, khususnya ibu yang mempunyai bayi dan anak balita. Mereka merupakan objek yang rentan terkena virus dan bakteri, karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Selain rajin mencuci tangan, kebersihan barang-barang yang menyentuh mulut bayi, seperti dot, botol, teether dan mainan juga harus diperhatikan, sebab bisa menjadi sumber bakteri dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan dan pencernaannya. Penting juga mencuci buah dan sayur untuk menghilangkan zat kimia yang menempel.

Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), Ketua IDAI Jaya mengatakan, selain mengganggu pencernaan, benda yang menyentuh mulut bayi dapat memudahkan jamur tumbuh di rongga mulut, sehingga menyebabkan gejala sariawan.

“Untuk itu sebaiknya dot, botol, perlengkapan makanan bayi maupun mainan harus segera dibersihkan agar virus dan jamur tidak menempel. Disarankan mencuci buah, sayur, peralatan dan mainan bayi dengan sabun dan air yang mengalir, jangan hanya merendamnya,” papar Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K).

Untuk membersihkan buah, sayur, botol, dot dan perlengkapan bayi, bisa menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk keamanan bayi, karena sabun biasa mengandung bahan-bahan kimia yang berisiko membahayakan kesehatan bayi.

“Sabun yang mengandung antibakteri sangat tepat digunakan untuk membersihkan peralatan bayi termasuk mencuci sayur dan buah yang dikonsumsi bayi, sehingga mencegah diare yang salah satunya disebabkan oleh bakteri E. Coli atau S. Aureus,” ujarnya.

Baby Huki Liquid Cleanser bisa menjadi pilihan terbaik untuk cairan pembersih dot, botol, perlengkapan, mainan, bahkan buah dan sayur karena aman, telah bersertifikasi halal, food grade, paraben free, dan teruji klinis antibakteri. 

“Dalam situasi pandemi saat ini, ibu harus ekstra hati-hati, virus dan bakteri bisa muncul di mana-mana, di sekitar kita. Bahkan bisa muncul di makanan, perlengkapan dan mainan si Kecil sehari-hari. Maka penting sekali untuk mencuci segala sesuatu yang akan dimakan dan dipakai si Kecil,” ujar Business Unit Director Baby HUKI Franciska P Julia.(mg7/jpnn)

Selain rajin mencuci tangan, kebersihan perlengkapan bayi juga wajib dicuci untuk terhindar dari virus dan bakteri.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close