Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sarang Burung Dijaga Ketat

Selasa, 05 Agustus 2008 – 10:57 WIB
Sarang Burung Dijaga Ketat - JPNN.COM
Stadion Nasional Beijing yang dikenal sebagai stadion sarang burung, dipotret dari udara. Foto: AFP
BEIJING – Pengamanan super ketat diberlakukan Pemerintah Tiongkok bersama panitia penyelenggara Olimpiade Beijing 2008 (Bogoc). Jelang upacara pembukaan pada Jumat (8/8) nanti, setiap orang yang akan masuk kompleks Stadion Nasional harus melalui pemeriksaan berlapis.

Tidak semua orang boleh masuk stadion berjuluk Sarang Burung itu. Untuk bisa menjangkau stadion, setidaknya harus dilewati tiga pemeriksaan. Pada pos pertama hanya diperiksa surat pengenal Olimpiade 2008. Sekitar 300 meter dari situ, ada pos pemeriksaan kedua. Pemeriksaan di sini jauh lebih ketat.

Setiap barang bawaan harus melewai x-ray detector. Setiap orang juga harus menjalani pemeriksaan manual. Sebelum ’’berhubungan’’ dengan x-ray dan metal detector, pengunjung harus mencocokkan wajahnya dengan foto yang terekam dalam kartu pengenal. Caranya, wajah sang pengunjung didekatkan dengan kamera. Bersamaan dengan itu, kartu pengenalnya ditempelkan di mesin scanner. Petugas bisa langsung mencocokkan wajah pembawa dengan foto yang terekam di dalam kartu.

Pengunjung yang membawa minuman juga harus mengetes bahwa minuman yang dia bawa tidak beracun. Caranya, dia diwajibkan meminum dulu minuman yang dia bawa di depan petugas.

’’Pengamanan ketat juga diberlakukan kepada pekerja kasar yang masih menyelesaikan beberapa taman di kompleks ini. Mereka memiliki tanda pengenal khusus, setiap barang bawaan mereka juga dicek,’’ kata Zhang Ning, relawan di sektor D.

Pengawasan ketat terhadap para pekeja kasar itu sempat menimbulkan kericuhan di pintu pemeriksaan 3. Kedatangan mereka yang bersamaan membuat antrean begitu panjang. Di tengah panasnya Beijing yang mencapai 39 derajat celcius, beberapa dari para pekerja itu mencoba menerobos. Dua polisi dengan sigap mengamankan mereka. Suasana pun terkendali.

Pemeriksaan ketiga dilakukan tepat di depan pintu masuk Stadion Nasional. Tiga hari jelang pembukaan, suasana stadion berkapasitas 91 ribu penonton itu tampak ramai. Kru televisi asing sibuk memasang peralatan. Sedangkan panitia lokal sedang mempersiapkan penutup lapangan agar upacara pembukaan yang rencananya akan diikuti 10 ribu penari tidak merusak rumput. Beberapa patung yang akan dipakai dalam pembukaan juga sudah disiapkan di lorong stadion. (ang/ca)

BEIJING – Pengamanan super ketat diberlakukan Pemerintah Tiongkok bersama panitia penyelenggara Olimpiade Beijing 2008 (Bogoc). Jelang upacara

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close