Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19: PON Papua Sukses, Indonesia Siap Melaksanakan WBSK Mandalika

Rabu, 13 Oktober 2021 – 21:29 WIB
Satgas Covid-19: PON Papua Sukses, Indonesia Siap Melaksanakan WBSK Mandalika - JPNN.COM
Prof Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menilai keberhasilan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua dalam menerapkan protokol kesehatan, membuktikan Indonesia mampu menyelenggarakan kegiatan besar di tengah pandemi.

Kesuksesan itu sekaligus membuktikan Indonesia juga sebagai negara yang siap melaksanakan World Superbike 2021 di Mandalika, NTB.

Menurut Satgas Covid-19, capaian itu menjadi bukti keberhasilan upaya sistematis yang dilakukan pemerintah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

"Indonesia cukup mampu, dikatakan berhasil mencegah lonjakan kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui akun BNPB di YouTube.

Dia menyebut keberhasilan PON XX juga dapat menjadi modal bagi Indonesia untuk penyelenggaraan kegiatan besar lainnya seperti Superbike Mandalika dan event lainnya.

Meski demikian, kegiatan besar dengan ragam acara disertai keterlibatan peserta dari berbagai daerah menjadikannya berisiko kemunculan lonjakan kasus.

Wiku memaparkan data per 11 Oktober, membuktikan hanya ditemukan 83 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari hampir 10 ribu peserta yang mengikuti acara PON Papua atau persentasenya sekitar 0,83 persen.

Sebagai tambahan keluhan penyakit lain yang tercatat selama penyelenggaraan PON ialah empat kasus malaria dan dua kasus diare.

Satgas Covid-19 menyebut kesuksesan PON Papua membuktikan Indonesia siap melaksanakan WBSK Mandalika dan agenda besar lainnya.


BERITA LAINNYA