Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Pasien Diduga Suspect Corona Terpaksa Dirujuk ke Banda Aceh

Minggu, 22 Maret 2020 – 01:05 WIB
Satu Pasien Diduga Suspect Corona Terpaksa Dirujuk ke Banda Aceh - JPNN.COM
Polisi melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (20/3/2020). Penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan virus Corona 2019 (COVID-19). Foto: Antara/Irwansyah

jpnn.com, MEULABOH - Seorang pekerja perusahaan tambang batu bara di Kabupaten Aceh Barat yang diduga terpapar virus corona atau COVID-19 dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

Sebelumnya, pasien asal Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat tersebut sempat berobat ke Rumah Sakit Harapan Sehat di Meulaboh dan kemudian dirujuk ke rumah sakit tingkat IV Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Meulaboh, untuk diisolasi.

“Hingga Sabtu dini hari, pasien dengan status orang dalam pemantauan (ODP) ini sudah berada di Banda Aceh, untuk menjalani perawatan medis,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, Aceh Barat, Susi Maulhusna, Sabtu sore.

Sebelumnya pada Jumat (20/3) sore, pasien tersebut pergi sendiri untuk memeriksakan kesehatan dengan keluhan penyakit sesak napas, demam, menggigil, batuk dan pilek ke Rumah Sakit Harapan Sehat Meulaboh.

Kemudian pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit tingkat IV 07.02 Meulaboh karena rumah sakit tersebut memiliki ruang isolasi pasien diduga suspect COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihak rumah sakit terhadap pasien tersebut, bahwa sebelumnya memiliki riwayat penyakit Tuberculosis (TBC) dan Asma. Namun karena belum memiliki alat pendeteksi virus corona, Rumah Sakit Denkesyah Meulaboh bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Aceh Barat untuk mengevakuasi pasien ini ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh,” kata Susi menambahkan.

Selain itu, petuga kesehatan juga melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada sepeda motor milik pasien, serta di kamar sebuah penginapan pasien di Meulaboh, yang merupakan tempat pasien menginap.

“Kami belum tahu perkembangan terbaru pasien ini, namun statusnya memang baru sebatas orang dalam pemantauan,” tutupnya.(antara/jpnn)

Seorang pekerja perusahaan tambang batu bara di Kabupaten Aceh Barat yang diduga terpapar virus corona atau COVID-19 dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close