Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Pasti Dukung Pemenang Konvensi

Minggu, 28 Juli 2013 – 06:36 WIB
SBY Pasti Dukung Pemenang Konvensi - JPNN.COM

jpnn.com - CIKEAS - Siapapun tokoh yang paling unggul dalam konvensi Partai Demokrat (PD) akan diusung sebagi calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 nanti. Jaminan ini diberikan oleh Ketua Majelis Tinggi PD, Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal ini disampaikan SBY saat bertemu dengan 16 calon anggota panitia atau komite konvensi di kediaman pribadinya di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/7). "Apapun hasilnya nanti pak SBY tadi memberikan garansi akan diendorse 100 persen oleh majelis tinggi," kata Sekretaris Majelis Tinggi PD, Jero Wacik usai pertemuan di Cikeas, Minggu (28/7) dini hari.

Menurut Jero, jaminan dari SBY menunjukkan keseriusan PD dalam menjaring bakal calon presiden melalui konvensi. Hal ini sekaligus membantah anggapan sebagian pihak bahwa konvensi capres demokrat hanya akal-akalan belaka.

"Sering ada yang memperkirakan ini adalah konvensi abal-abal. Tadi disampaikan Pak SBY bahwa yang muncul nanti bukanlah calon yang telah disiapkan," ujar Jero.

Pria yang juga menjabat Menteri ESDM tersebut menjelaskan, nantinya pemenang konvensi akan ditentukan oleh hasil polling dan survei. Hasil konvensi sendiri baru akan diumumkan pada bulan Mei 2014.

Namun diakuinya, pemenang konvensi tidak otomatis menjadi calon PD. Pasalnya, berdasarkan AD/ART partai, kewenangan untuk menetapkan calon presiden dan wakil presiden berada pada majelis tinggi.

"Keputusan akhir tetap di majelis tinggi. Tapi nanti tidak mungkin yang menang survei yang ini, tapi majelis tinggi memilih yang lain. Jadi majelis tinggi hanya ketok palu saja," tandas Jero. (dil/jpnn)

CIKEAS - Siapapun tokoh yang paling unggul dalam konvensi Partai Demokrat (PD) akan diusung sebagi calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 nanti.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA