Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SEA Games 2023: Indra Sjafri Menyebut Rotasi Bukan untuk Recovery, Tetapi

Jumat, 05 Mei 2023 – 01:44 WIB
SEA Games 2023: Indra Sjafri Menyebut Rotasi Bukan untuk Recovery, Tetapi - JPNN.COM
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri saat memberikan keterangan pers setelah Timnas U-22 Indonesia menang 5-0 lawan Myanmar. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri memastikan bahwa dirinya tak hanya mengejar kemenangan atas Myanmar dalam laga Grup A SEA Games 2023, Kamis (4/5). Namun, dia juga menjalankan strategi rotasi pemain.

Bagi pelatih asal Sumatera Barat itu, pertandingan Timnas U-22 Indonesia di fase grup memang bertujuan untuk mendapatkan komposisi terbaik menuju fase gugur nanti. Karena itu, dia memaksimalkan betul pergantian pemain agar materi yang diturunkan bisa nyetel dan menemukan chemistry di atas lapangan.

"Ini sesuai rencana kami, rotasi pemain bukan dalam rangka recovery, tetapi agar mendapatkan formasi the dream team untuk nanti insyaAllah tampil di semifinal dan final," katanya.

Indra Sjafri membeberkan, bahwa dirinya tak mau pemain-pemainnya langsung mencapai puncak kondisi dan permainan. Dengan masa jeda antarlaga yang lumayan panjang, bisa sampai tiga hari lebih, dirinya memiliki keleluasaan untuk mengatur periodisasi tim.

"Kami tim pelatih sudah berusaha membuat periodisasi mulai dari persiapan, dan Insyaallah nanti puncaknya di semifinal dan final," tuturnya.

Di sisi lain, Indra Sjafri menegaskan bahwa persoalan mental pemain terus diasah dan ditingkatkan. Karena itu, dalam susunan ofisial tim yang dibawa ke Kamboja, ada orang yang dibawa khusus untuk menjaga psikologis pemain.

"Saya juga minta bantu tim psikolog hadir ke Kamboja untuk buat mereka (pemain, red) semakin menyatu dan masalah mental kami dibantu tim psikolog ini," ucapnya.

Selanjutnya, Timnas U-22 Indonesia akan beristirahat maksimal sebelum bertanding kembali pada Minggu (7/5) mendatang menghadapi Timor Leste. Jika berhasil menang lawan Timor Leste, maka Timnas U-22 Indonesia dipastikan sudah mengamankan satu slot tim yang ke semifinal dari Grup A. (dkk/jpnn)

Pelatih Indra Sjafri menyebut sengaja melakukan rotasi pemain di SEA Games 2023, bukan untuk recovery tetapi demi mendapatakn dream team

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close