Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebanyak 1.189 Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

Minggu, 11 April 2021 – 13:20 WIB
Sebanyak 1.189 Rumah Rusak Akibat Gempa Malang - JPNN.COM
Rumah ambruk akibat dampak gempa di Malang. Foto: dokumentasi BPBD Kabupaten Malang

jpnn.com, JAKARTA - Dampak gempa Malang mengakibatkan kerusakan di sektor permukiman. Data dari BPBD Jatim mencatat 1.189 unit rumah di 15 kabupaten/kota rusak dengan kategori berbeda.

Rinciannya, rumah rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250, dan rusak ringan (RR) 854. Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan 150 unit.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya Jati mengatakan dari peta guncangan dengan skala MMI, Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar mengalami intensitas guncangan pada IV MMI.

BPBD Malang melaporkan rumah RR 525 unit, RS 114, RB 57, sedangkan kerusakan pada fasilitas pendidikan 14 unit, fasilitas kesehatan 8 unit, tempat ibadah 26 unit, dan jembatan di 6 titik.

"Di Kabupaten Blitar kerusakan rumah RR 217 unit, RS 85 dan RB 10, sedangkan kerusakan fasum kantor sembilan, dan balai desa tiga," ujar Raditya.

Sejumlah kerusakan lain dilaporkan oleh beberapa BPBD Jatim, seperti wilayah Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, sedangkan wilayah kota yaitu Blitar, Kediri, Malang dan Batu.

Pascagempa dengan magnitudo 6.1 pada Sabtu (10/4), terjadi delapan gempa susulan dengan skala yang berbeda. BPBD kabupaten dan kota segera melakukan upaya penanganan darurat.

"Saat ini penanganan darurat masih berlangsung di lapangan," kata dia.

Dampak gempa Malang, Jatim mengakibatkan kerusakan di sektor pemukiman maupun fasilitas umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close