Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebelum Nyoblos, Lacak Rekam Jejak Caleg

Selasa, 08 April 2014 – 18:26 WIB
Sebelum Nyoblos, Lacak Rekam Jejak Caleg - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Rekam jejak (track record) para calon anggota legislatif dan partai politik peserta pemilu 2014 masih belum jadi pertimbangan utama bagi calon pemilih dalam menentukan pilihannya. Padahal, melalui rekam jejak akan terlihat kapasitas, kapabilitas dan integritas para caleg dan parpol.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, di sela-sela acara Gerakan Dekrit Rakyat, di Jakarta Selatan, Selasa (8/4).

"Banyak memang, cara yang dapat dilakukan untuk lebih mengenal caleg dan parpol peserta pemilu. Tapi dari seluruh cara yang ada, mempelajari track record caleg dan parpol merupakan penuntun terbaik untuk kita penentukan pilihan," kata Ray.

Belum dijadikannya rekam jejak sebagai cara untuk mengetahui kontestan lanjut Ray, disebabkan dual hal. Pertama masih rendahnya kesadaran masyarakat pemilih untuk membaca dan adanya kesengajaan dari caleg untuk tidak menuliskan detail rekam jejaknya.

"Pihak yang diuntungkan oleh dua fenomena tersebut tentunya peserta pemilu karena bisa saja berbagai kejelekan masa lalunya tidak terungkap. Apalagi bagi petahana, kemalasannya selama menjadi wakil rakyat akan tertutupi dengan baliho besar yang mereka pajang," tegas dia.

Dijelaskan Ray, rekam jejak merupakan data konkret yang semestinya ditulis secara jujur dan bertanggung jawab dan disampaikan ke masyarakat.

"Dengan rekam jejak, bisa menjawab beberapa pertanyaan pemilih, terutama soal integritas dan kapabilitas. Itu pentingnya rekam jejak," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Rekam jejak (track record) para calon anggota legislatif dan partai politik peserta pemilu 2014 masih belum jadi pertimbangan utama bagi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close