Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sejuta Warga India Terjebak Banjir

Selasa, 26 Agustus 2008 – 09:26 WIB
Sejuta Warga India Terjebak Banjir - JPNN.COM
Warga mengevakuasi keluarga yang sakit, yang terjebak banjir di Negara Bagian Bihar. Foto: AFP
 PATNA – Pemerintah Negara Bagian Bihar di India utara harus memutar otak demi mencari bantuan untuk menolong satu juta warganya yang terjebak banjir hebat. Helikopter dan pasukan pun diturunkan untuk menolong mereka.

Air bah melanda wilayah itu menyusul hujan lebat mulai pekan lalu.  Begitu derasnya hujan, Sungai Kosi di negara tetangganya, Nepal juga ikut meluap. ’’Ini bukan sekadar banjir biasa, tapi sudah menjadi bencana alam,’’ ujar Chief Minister Bihar, Nitish Kumar, setelah mengunjungi daerah bencana.

Kumar memperkirakan lebih dari satu juta rakyatnya terjebak banjir. Untuk menanggulangi, dia meminta Kedutaan Besar India di Nepal mengirimkan bantuan tenaga dan peralatan. Diharapkan bantuan itu bisa membantu memperbaiki penahan sungai yang rusak.

Musim hujan di Negeri Taj Mahal itu terjadi antara Juni hingga September. Setiap tahun, hujan menyebabkan kerusakan lahan pertanian secara besar-besaran. Belum lagi, banjir, lumpur, dan sambaran petir menyebabkan ratusan warga tewas setiap tahun. Kerugian juga semakin besar dengan rusaknya rumah-rumah penduduk.

Tahun ini, korban tewas akibat banjir di India mencapai 330 orang. Tahun lalu, banjir menghanyutkan nyawa 2.200 orang di seluruh wilayah Asia Selatan. Selain itu, 31 juta orang kehilangan rumah. Masalah lain yang diakibatkan banjir tersebut adalah kelangkaan pangan. Begitu dahsyatnya akibat banjir tersebut, sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjulukinya sebagai bencana banjir paling buruk yang pernah terjadi. (AP/dia/ami)

 PATNA – Pemerintah Negara Bagian Bihar di India utara harus memutar otak demi mencari bantuan untuk menolong satu juta warganya yang

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close