Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selama Pandemi Covid-19 Tingkat Kejahatan Menurun Signifikan? Nih Datanya

Jumat, 10 April 2020 – 06:06 WIB
Selama Pandemi Covid-19 Tingkat Kejahatan Menurun Signifikan? Nih Datanya - JPNN.COM
Polisi memborgol pelaku. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Polri menyatakan angka kejahatan menurun cukup signifikan di masa pandemi virus Corona atau pandemi Covid-19.

Menurut Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara nasional kondusif.

"Situasi Kamtibmas secara nasional bahwa berdasarkan data evaluasi kondisi Kamtibmas sampai dengan hari ini alhamdulillah semua dalam kondisi yang kondusif," ujarnya  dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube BNPB, Jakarta.

Jika melihat secara data, Asep menjelaskan pada minggu ke-13 dan 14 tingkat kejahatan menurun. Bahkan, Asep menyebutkan mencapai 11,03 persen.

"Kejahatan minggu ke-13 sebanyak 4.197, dan kejahatan di minggu ke-14 sebanyak 3.743. Hal ini merupakan sebuah indikator penurunan nilai atau jumlah kejahatan sebesar 11,03 persen," kata Kombes Asep.

Sementara itu, pelanggaran kambitmas pun terjadi penurunan pada minggu ke-13 dan 14 sebesar 53,82 persen.

"Kemudian pelanggaran pada mingg ke-13 sebanyak 301, dan pelanggaran di minggu ke-14 sebanyak 139, terjadi penurunan angka kejahatan sebesar 53,82 persen," tambahnya.

Selanjutnya, gangguan Kamtibmas minggu ke-13 sebanyak 69, dan gangguan di minggu ke-14 sebanyak 45, yang menunjukkan bahwa terjadi penurunan gangguan Kamtibnas sebesar 34,78 persen.

Catatan Polri saat ini angka kriminalitas dan gangguan kamtibnas menurun secara signifikan selama pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close