Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Selamat Pagi, Rupiah Menguat Lagi

Selasa, 24 Maret 2020 – 09:27 WIB
Selamat Pagi, Rupiah Menguat Lagi - JPNN.COM
Uang Rupiah. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (24/3) pagi mengalami penguatan. Kurs rupiah naik menjadi Rp 16.490 per dolar Amerika Serikat (USD).

Angka itu mengalami kenaikan 85 poin dibandingkan pada penutupan transaksi sehari sebelumnya (23/3). Sebelumnya USD ditutup pada level Rp 16.575.

Kurs USD mengalami penurunan dibandingkan mata uang lainnya setelah Federal Reserve (The Fed) meluncurkan langkah-langkah agresif guna mendukung pasar di tengah krisis akibat virus corona (COVID-19). Kemarin bank sentral AS itu mengumumkan rencana untuk membeli surat berharga yang didukung hipotek tanpa batas guna membantu pasar berfungsi lebih efisien di tengah ketidakpastian wabah virus corona yang kini menjadi pandemi global.

“Pandemi virus corona menyebabkan kesulitan besar di seluruh Amerika Serikat dan dunia,” ujar The Fed. “Upaya agresif harus diambil lintas sektor publik dan swasta untuk membatasi kerugian pada pekerjaan dan pendapatan guna mempromosikan pemilihan cepat setelah gangguan mereda.”

Dolar turun tajam ketika The Fed mengumumkan rencananya. Namun, kurs USD kembali naik secara bertahap karena investor melihat pada rencana pemerintah AS meluncurkan stimulus.

“Satu hal yang benar-benar perlu kita lihat adalah lebih banyak amunisi fiskal uang muncul,” kata Mazen Issa, alhi strategi mata uang di TD Securities, New York.(antara/jpnn)

Prabowo Menteri Terbaik?

loading...