Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sensor EBS Error, 35.390 Mazda 3 Ditarik dari Peredaran

Sabtu, 21 Desember 2019 – 21:45 WIB
Sensor EBS Error, 35.390 Mazda 3 Ditarik dari Peredaran - JPNN.COM
Deretan Mazda 3 terbaru di Indonesia. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com.

jpnn.com - Mazda mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) terhadap model terbaru Mazda 3. Penarikan akibat masalah pada fitur Emergency Braking System (EBS).

Dari laporan Autoblog, Sabtu (21/12), setidaknya ada sekitar 35.390 unit produksi 2019-2020, baik model sedan maupun hatchback yang terkena dampak.

Menurut Mazda, kendaraan yang terkena dampak tiba-tiba berhenti saat melaju karena aktivasi yang tidak sengaja dari sistem EBS atau Smart Braking System. Ditengarai, program salah mendeteksi objek di depan kendaraan, sehingga mengirimkam perintah yang salah pula.

"Dari kesalaham pendeteksian sensor itu, maka perangkat lunak secara otomatis mengaktifkan rem meskipun tidak akan ada objek yang berpotensi menyebabakan terjadi tabrakan. Hal ini tentu cukup berbahaya bagi penumpang karena tidak siap menghadapi respons tak terduga dari mobil dan dapat berujung kecelakaan," kata Mazda.

Hingga berita ini diturunkan, Mazda mengatakan tidak ada laporan cedera, kematian atau cacat akibat masalah tersebit.

Mazda mengimbah seluruh pemilik Mazda 3 untuk segera melakukan pemeriksaan ke dealer-dealer terdekat. Mazda mengharapkan, semuanya bisa selesai sebelum 17 Februari 2020. (mg9/jpnn)

Mazda mengumumkan kampanye recall terhadap model terbaru Mazda 3. Penarikan akibat masalah pada fitur Emergency Braking System (EBS).

Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close