Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepertinya Pak Jokowi Belum Perlu Ganti Menteri dalam Waktu Dekat Ini

Selasa, 18 Februari 2020 – 15:51 WIB
Sepertinya Pak Jokowi Belum Perlu Ganti Menteri dalam Waktu Dekat Ini - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati politik Girindra Sandino memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan melakukan reshuffle terhadap menteri-menterinya di Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini. Gigin -panggilan karibnya- mendasari prediksinya pada kondisi yang ada dan perkembangan politik terkini.

"Melihat situasi yang ada saat ini, saya kira sangat kecil sekali kemungkinan Pak Jokowi bakal me-reshuffle kabinet dalam waktu dekat," ujar Gigin kepada jpnn.com, Selasa (18/2).

Direktur eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (IndecenterS) itu menambahkan, kondisi keamanan di dalam negeri cenderung stabil meski pertumbuhan ekonomi nasional hanya berkisar 5 persen. Selain itu, kondisi perpolitikan juga relatif adem karena, sementara kecaman-kecaman dari para politikus terhadap kinerja para menteri juga terkesan biasa-biasa saja.

"Jadi, untuk apa reshuffle? Kalaupun ada, kemungkinan juga hanya menyasar menteri-menteri dari kalangan profesional, sementara yang berasal dari parpol saya kira bakal aman-aman saja," ucapnya. 

Lebih lanjut Gigin memprediksi Jokowi tidak akan me-reshuffle menteri dari kader parpol. Sebab, mengganti menteri dari parpol berpotensi mengganggu kondisi politik yang kondusif dan stabil.

"Coba perhatikan parpol-parpol yang ada, apa ada yang sangat vokal mengkritik pemerintah? Satu dua orang dari partai tertentu mungkin aktif mengkritik, tetapi secara umum saya melihat biasa-biasa saja," pungkasnya.(gir/jpnn)

Pemerhati politik Girindra Sandino memprediksi Presiden Jokowi tidak akan melakukan reshuffle terhadap menteri-menterinya di Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close