Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepertinya Partai Demokrat Sedang Linglung

Sabtu, 15 September 2018 – 20:22 WIB
Sepertinya Partai Demokrat Sedang Linglung - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dok/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat bisa dicap sebagai partai yang linglung, karena terkesan tidak konsisten dengan pilihan politik yang diambil di Pilpres 2019.

Di satu sisi mendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, sementara di sisi lain membiarkan sebagian kader di daerah mendukung pasangan petahana Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

"Bisa disebut main dua kaki, tapi menurut saya sepertinya tak salah disebut PD linglung, karena tidak konsisten dengan pilihan politiknya sendiri," ujar pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe kepada JPNN, Sabtu (15/9).

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini memperkirakan, sikap plin plan akan sangat merugikan bagi partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pemilihan Legislatif 2019.

Pasalnya, suara pemilih kemungkinan hanya akan terbagi dua di pemilu mendatang. Yaitu, antara yang mendukung Prabowo - Sandi dan Jokowi - Ma'ruf. Ketika suatu partai tidak jelas menentukan pilihan, maka peluang calegnya dipilih sangat kecil.

Apalagi, belakangan muncul pemberitaan dari media asing 'Asia Sentinel' yang menurunkan tulisan "Konspirasi Kejahatan Besar SBY" terkait patgulipat Bank Century menjadi Bank Mutiara. Ramses meyakini hal tersebut berpengaruh bagi persepsi masyarakat terhadap partai berlambang mercy tersebut.

"Jadi, elektabilitas Demokrat bisa jadi bakal terjun bebas. Penyebabnya, mulai dari mengambangnya dukungan ke Prabowo, hingga munculnya isu-isu hukum. PD juga tidak berani mengambil sikap tegas terhadap kadernya yang mendukung Jokowi - Ma'ruf, menunjukkan Demokrat tidak punya pendirian," pungkas Ramses. (gir/jpnn)

Partai Demokrat bisa dicap sebagai partai yang linglung, karena terkesan tidak konsisten dengan pilihan politik yang diambil di Pilpres 2019.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close