Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Serang Kapal Kargo yang Melintasi Teluk Aden, Houthi Mengeklaim Sedang Bela Palestina

Senin, 10 Juni 2024 – 18:30 WIB
Serang Kapal Kargo yang Melintasi Teluk Aden, Houthi Mengeklaim Sedang Bela Palestina - JPNN.COM
Ilustrasii kapal kargo terbakar. Foto: Portuguese Navy

jpnn.com - Gerakan Ansar Allah dari Yaman, yang juga dikenal dengan Houthi, menyerang dua kapal kargo di Teluk Aden dengan rudal anti-kapal, menurut Pusat Komando Amerika Serikat (CENTCOM) pada Senin.

“Dalam 24 jam terakhir, Houthi yang disokong oleh telah Iran meluncurkan dua rudal balistik anti-kapal (ASBM) dari wilayah Yaman yang dikuasainya ke Teluk Aden. Satu ASBM menyerang M/V Tavvishi, sebuah kapal kontainer berbendera Liberia, yang dimiliki dan dioperasikan Swiss. … Secara terpisah, Houthi juga meluncurkan satu ASBM dan satu rudal jelajah anti-kapal (ASCM) ke Teluk Aden," kata pusat komando itu dalam sebuah pernyataan di X.

"Kedua rudal tersebut menghantam M/V Norderney, sebuah kapal kargo berbendera Antigua dan Barbados, yang dimiliki dan dioperasikan oleh Jerman," lanjut pernyataan itu.

Kedua kapal melaporkan kerusakan namun masih bertahan, tambah pernyataan itu.

Militer AS juga menghancurkan satu "sistem udara tanpa awak', dua rudal jelajah dan satu peluncur rudal di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi, bunyi pernyataan itu.

Kelompok Houthi telah melakukan serangkaian serangan terhadap kapal-kapal komersial dan militer di kawasan itu selama berbulan-bulan, sebagai tanggapan atas operasi militer di Jalur Gaza.

Serangan tersebut memicu AS membentuk koalisi multinasional untuk melindungi pengiriman di kawasan itu, serta menyerang target-target Houthi di daratan. (ant/dil/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Kelompok Houthi telah melakukan serangkaian serangan terhadap kapal-kapal komersial di Teluk Aden sebagai balasan atas operasi militer Israel di Gaza

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close