Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setiap Kubu Capres Dikawal 186 Personel Polri

Selasa, 03 Juni 2014 – 19:24 WIB
Setiap Kubu Capres Dikawal 186 Personel Polri - JPNN.COM
Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saat pengambilan nomor urut calon presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (1/6). Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri ingin memastikan keselamatan dan keamanan pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang akan bersaing di pemilu presiden (pilpres) 9 Juli nanti benar-benar terjamin. Karenanya, Mabes Polri menugaskan 380 personel kepolisian untuk menjaga keamanan dan keamanan capres maupun cawapres.

Menurut Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto, delapan dari 380 personel itu bertugas sebagai pengendali atau pengawas. Selebihnya bertugas di lapangan untuk melakukan pengawalan melekat.

Agus mengatakan, setiap pasangan akan mendapat back up 186 personel. "Artinya masing-masing orang (calon) akan diberikan pengamanan melekat 93 personel," kata Agus di Mabes Polri, Selasa (3/6).

Para personel itu, kata Agus, terdiri dari beberapa unsur. Seperti pengawalan, staf pribadi, serta medis yang semuanya sudah sesuai dengan prosedur tetap pengamanan VIP.

Dia menambahkan, para personel itu dibagi lagi menjadi tiga shift atau masing-masing 31. Mereka akan mengawal setiap capres maupun cawapres melakukan kegiatan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Jika ada kegiatan capres di luar Jakarta, maka tidak semuanya personel yang menempel dikerahkan. Sebab, 31 personel saja yang ikut memberikan pengamanan dalam kegiatan di luar Jakarta. Hanya saja, tim dari Mabes Polri itu akan bekerjasama dengan  kepolisian di  masing-masing wilayah tempat kegiatan capres di daerah.

Lebih lanjut Agus  mengatakan, pengamanan akan diberikan hingga proses pilpres selesai. "Setelah dilantik,  pengamanan akan dialihkan ke Pasukan Pengamanan Presiden," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Mabes Polri ingin memastikan keselamatan dan keamanan pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang akan bersaing di pemilu presiden

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA