Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siaran Radio Live Lagu Natal Pertama Kali 107 Tahun Silam

Rabu, 25 Desember 2013 – 23:23 WIB
Siaran Radio Live Lagu Natal Pertama Kali 107 Tahun Silam - JPNN.COM

jpnn.com - NEW YORK - Seabad lalu,  stasiun radio di Amerika Serikat dan Kanada beberapa minggu menjelang perayaan Thanksgiving dan Natal biasanya mulai menyiarkan lagu bertema liburan. Namun pada tahun 1906, muncul satu stasiun radio yang menyiarkan secara live lagu Natal "O Holy Night" pertama kali di dunia.

Pada 24 Desember 1906, malam Natal, pukul 09:00 waktu setempat, 107 tahun yang lalu, seorang penemu teknologi radio dan juga ahli fisika asal Kanada, Reginald Fessenden, melakukan siaran live musik pertama kalinya di sebuah studio Brant Rock, Massachusetts. Menurut Washingtonpost, Selasa (24/12), dalam siaran itu Fessenden memainkan biolanya dengan irama lagu "O Holy Night". Live performance yang diakhiri dengan dengan pembacaan Alkitab itu ternyata didengar hingga 12 mil jauhnya.

Bernama lengkap Reginald Aubrey Fessenden, dia dilahirkan di Bolton Timur, Quebec, Kanada, pada 6 Oktober 1866. Fessenden meninggal dunia pada 22 Juli 1932 pada umur 65 tahun.

Fessenden adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berjasa dalam perkembangan teknologi radio. Semasa hidupnya, Fessenden telah berhasil membuat 500 penemuan, di antaranya alternator, detektor, heterodin, fathometer, serta penggerak turbo listrik untuk kapal tempur.

Perjalanan kariernya dimulai dengan menjadi guru dan kepala sekolah di Whitney Institute. Selama mengurusi sekolah tersebut, ia melakukan percobaan-percobaan di bidang listrik dan kimia. Saat pindah ke New York, Amerika Serikat, Fessenden melamar pekerjaan pada laboratorium Edison di Orange, New York. Ia diterima sebagai kepala bagian di bidang kimia. (esy/jpnn)

NEW YORK - Seabad lalu,  stasiun radio di Amerika Serikat dan Kanada beberapa minggu menjelang perayaan Thanksgiving dan Natal biasanya mulai

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA