Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sinyal Damai Mulai Tampak

Rabu, 05 Mei 2010 – 04:04 WIB
Sinyal Damai Mulai Tampak - JPNN.COM
BANGKOK - Sinyal perdamaian dalam konflik politik Thailand mulai tampak. Pemimpin demonstran menyatakan akan mempertimbangkan jalan damai yang diusulkan oleh Perdana Menteri (PM) Abhisit Vejjajiva.

Salah satu solusi yang ditawarkan dalam proposal sang perdana menteri itu adalah perhelatan pemilu pada 14 November. "Sikap kami atas peta jalan damai yang diusulkan Abhisit akan kami dasarkan pada kepentingan rakyat. Demi perjuangan demokrasi, kami akan mendiskusikannya dan mendengar (aspirasi) para pendukung kami di garis depan," terang aktivis senior Kaus Merah, Jaran Ditha-apichai, di salah satu lokasi demonstrasi di distrik komersial Ratchaprasong, seperti dikutip Agence France-Presse.

Sambutan baik pada usul Abhisit oleh oposisi itu, juga terlihat jelas dari pernyataan massa Kaus Merah di Provinsi Kalasin. Namun, mereka mensyaratkan bahwa parlemen harus dibubarkan dalam waktu 90 hari. "Sebab, kami tidak ingin pemerintahan Abhisit terlibat dalam pergantian petinggi militer tahunan," tegas Prapas Yongkawisai, pimpinan kelompok Kaus Merah Kalasin.

Pemerintah Thailand juga tengah mendiskusikan rencana pemberian amnesti atau pengampunan kepada para pemimpin demonstran. Wacana tersebut merupakan bagian dari upaya rekonsiliasi jalan damai, menuju pemilu yang rencananya bakal dihelat pada pertengahan November. (cak/c6/dos)

BANGKOK - Sinyal perdamaian dalam konflik politik Thailand mulai tampak. Pemimpin demonstran menyatakan akan mempertimbangkan jalan damai yang diusulkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close