Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Skenario Pemerintah Meredam Demo Mahasiswa Bukan Cara Demokratis

Kamis, 26 September 2019 – 20:21 WIB
Skenario Pemerintah Meredam Demo Mahasiswa Bukan Cara Demokratis - JPNN.COM
Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno menilai skenario pemerintah meredam demo mahasiswa bukan cara yang demokratis.

"Mestinya tak usah melarang mahasiswa demo. Itu hak konstitusional warga negara yang dijamin undang-undang. Masak negara demokrasi begini?" kata Adi kepada JPNN, Kamis (26/9).

Hal ini disampaikannya, merespons arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada Menristek Dikti Mohamad Nasir, agar meredam aksi mahasiswa turun ke jalan, dan mengajak mereka menyelesaikan persoalan lewat dialog.

"Kalau mau dilarang demo anarkis yang brutal, bukan demo mahasiswa. Kok makin ke sini demokrasi mundur jauh ke belakang," lanjut pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini.

Pihaknya menilai cara-cara represif dalam meredam aksi mahasiswa tidak akan membuat demokrasi di negara ini semakin maju.

"Gimana mau maju demo saja dilarang. Ngapain juga mahasiswa dibungkam, toh gerakan mereka sebatas isu KPK dan RKUHP. Kok ketakukan begini. Bukannya demo mahasiswa wujud nyata doa presiden yang dikabulkan Tuhan," tandas direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.(fat/jpnn)

Pengamat politik Adi Prayitno menilai skenario pemerintah meredam demo mahasiswa bukan cara yang demokratis.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close