Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Konflik di Myanmar, Sukamta Sepakat dengan Jokowi

Jumat, 16 April 2021 – 13:24 WIB
Soal Konflik di Myanmar, Sukamta Sepakat dengan Jokowi - JPNN.COM
Petugas polisi anti huru hara mengamankan demonstrator saat aksi protes terhadap kudeta militer di Yangon, Myanmar, Selasa (2/3/2021). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/rwa

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Sukamta meminta para pemimpin negara di ASEAN perlu melakukan langkah nyata menyusul peristiwa berdarah di Myanmar.

Setidaknya para pemimpin ASEAN perlu mencegah tindakan pembunuhan di Myanmar.

Sejak terjadi kudeta militer, Sukamta mencatat 700 warga sipil meninggal dunia di Myanmar oleh aparat setempat.

"Para pemimpin ASEAN tidak boleh tinggal diam, harus ada upaya konkret untuk segera menghentikan kekerasan terhadap warga sipil di Myanmar," kata Sukamta dalam pesan singkatnya kepada awak media, Jumat (16/4).

Sukamta menyebut, negara ASEAN perlu menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi (KTT) demi menyelesaikan konflik berdarah di Myanmar.

"Usul Pak Jokowi untuk diadakan KTT ASEAN untuk membahas krisis di Myanmar sudah tepat, mestinya hal ini segera diwujudkan apalagi beberapa negara ASEAN seperti Malaysia dan Brunei menghendaki bisa diselenggarakan di Jakarta sebagai Sekretariat ASEAN," ungkap Wakil Ketua Fraksi PKS tersebut.

Menurut pria Yogyakarta itu, para pemimpin ASEAN jangan sampai ragu melangkah karena adanya prinsip nonintervensi. Situasi yang terjadi di Myanmar saat ini dengan banyaknya korban sipil menuntut sikap tegas ASEAN untuk campur tangan.

"Yang terjadi di Myanmar saat ini sudah mengarah kepada pembunuhan massal oleh rezim secara sistematis. Ini bentuk kejahatan HAM yang sangat berat," beber dia. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Negara ASEAN perlu menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi (KTT) demi menyelesaikan konflik berdarah di Myanmar.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close