Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sony Kembangkan Keping Disk 1 Tera

Rabu, 28 Juli 2010 – 11:53 WIB
Sony Kembangkan Keping Disk 1 Tera - JPNN.COM
TOKYO - Sony berhasil menemukan teknologi yang memungkinkan kapasitas data cakram Blu-ray ditingkatkan sampai 1 terabyte (1 TB), atau 1.024 gigabyte per kepingnya. Kapasitas yang sama dengan 40 Blu-ray berlapis tunggal atau 20 lapis ganda (dual layer) itu, didapat melalui penggunaan panjang gelombang sinar laser yang lebih pendek yakni 405 nanometer.

Penemuan produsen elektronik asal Jepang ini merupakan loncatan besar dalam dunia penyimpanan dengan media cakram digital. Seperti diberitakan News.com.au, produsen film berdefinisi tinggi, TV dan video game, akan sangat diuntungkan dengan kapasitas penyimpanan yang sangat lega ini. Standar dual layer Blu-ray sendiri, saat ini hanya mampu menampung maksimal 50 GB, yang mana masih jarang dimanfaatkan oleh produsen games atau film.

Kapasitas 1 TB akan membuat produsen mampu memasukkan lebih dari 50 judul film berdefinisi tinggi dalam satu keping cakram sekaligus. Keterbatasan kapasitas penyimpanan yang membuat kenikmatan menonton atau bermain game berkurang, tak akan ada lagi. Begitu pula dengan tampilan grafis yang halus dan menawan dilihat, games yang lebih panjang dan menantang bersama banyak lawan (multi gameplay), serta tata suara dalam berbagai saluran, kini bukan lagi impian. Hanya saja, pihak Sony belum menyebutkan kapan format baru ini akan diluncurkan ke pasaran. (pra/jpnn)

TOKYO - Sony berhasil menemukan teknologi yang memungkinkan kapasitas data cakram Blu-ray ditingkatkan sampai 1 terabyte (1 TB), atau 1.024 gigabyte

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close