Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Stok Gula Diprediksi 1,6 Juta Ton

Jumat, 28 Agustus 2009 – 20:55 WIB
Stok Gula Diprediksi 1,6 Juta Ton - JPNN.COM
JAKARTA --Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, berdasarkan laporan dari produsen gula (PTPN, RNI dan swasta) dan pedagang, produksi Gula Kristal Putih (GKP) sampai dengan tanggal 27 Agustus 2009 sebesar 862.484 ton. Stok akan bertambah jika ditambah dengan hasil produksi November mendatang.

“Dengan tambahan produksi yang ditargetkan sampai dengan akhir giling bulan November tahun 2009, prediksi produksi tahun 2009 sebesar 1.660.312 ton,” terang Mari Pangestu di Jakarta, Jumat (28/8). Dikatakan, untuk posisi stok gula di gudang PTPN dan RNI per tanggal 27 Agustus 2009  sebesar 266.679 ton. Rinciannya, milik Pabrik Gula (PG) 10.200 ton, milik pedagang 196.544 ton dan milik petani 59.935 ton. Sementara perkiraan posisi stok sampai dengan akhir musim giling, lanjut Mendag, sebesar 1.029.507 ton.

Menurutnya, saat ini memang perlu untuk memprediksi perubahan iklim dan perubahan data kebutuhan GKP yang mungkin disebabkan meningkatnya pemakaian GKP oleh industri makanan dan minuman (mamin), sehingga benar-benar dapat diketahui supply dan demand dari GKP secara akurat dan lebih dini.

“Tindakan ini juga agar pertimbangan importasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Direncanakan, masalah ini juga akan dibahas lebih lanjut pada rapat koordinasi awal minggu depan yang akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,” ungkap Mendag. Dia menerangkan, pemerintah juga akan terus berkomitmen untuk memperbaharui data persediaan gula setiap minggu. (cha/JPNN)

JAKARTA --Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, berdasarkan laporan dari produsen gula (PTPN, RNI dan swasta) dan pedagang, produksi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close