Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Subhanallah, Al-Qur'an Ini Terbuat dari Kulit Pohon, Ditulis Tangan

Kamis, 08 April 2021 – 10:57 WIB
Subhanallah, Al-Qur'an Ini Terbuat dari Kulit Pohon, Ditulis Tangan - JPNN.COM
Ini Al-Qur'an buatan Mbah TB Latipuddin di Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Foto: diambil dari Radar Cirebon

jpnn.com, MAJALENGKA - Warga Blok Pesantren Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Ridwanudin (59) menyimpan Al-Qur'an kuno yang konon berasal dari tahun 1658 Masehi.

Al-Qur'an berukuran kurang lebih memiliki tebal 12 sentimeter (cm) dengan lebar 40 x 25 cm dibuat oleh leluhur Ridwanudin, Mbah TB Latipuddin.

Al-Qur'an tersebut terbuat dari kulit pohon dan masih tersimpan di rumah Ridwanudin.

Suatu saat pernah dibawa ke museum di Bandung. Namun karena khawatir Al-Qur'an itu hilang, Ridwanudin akhirnya membawanya pulang lagi untuk dibaca, dan disimpan sebagai kenang-kenangan, serta pusaka untuk anak cucu keturunannya kelak.

Ridwanudin menceritakan, dirinya merupakan generasi ketujuh dari Mbah TB Latipuddin yang bertekad untuk merawat Al-Qur'an itu dengan baik.

Al-Qur'an yang mulai lusuh tersebut kerap dibaca dan dipinjam oleh saudaranya hingga khatam.

Pada Syawal atau selepas Lebaran, Al-Qur'an dikeluarkan pada acara haulan di kompleks makam Mbah TB Latipuddin tidak jauh dari kediamannya.

Ridwanudin bertekad untuk menjaga dan merawat peninggalan leluhurnya hingga akhir hayat. Dia ingin mendirikan pondok pesantren di sekitar Makam Mbah Latipudin.