Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sungai Meluap, Empat Wilayah di Medan Dilanda Banjir

Rabu, 27 September 2017 – 21:29 WIB
Sungai Meluap, Empat Wilayah di Medan Dilanda Banjir - JPNN.COM
Anak-anak bermain di genangan banjir di Kawasan Medan. foto : DOK/pojoksatu

jpnn.com, MEDAN - Empat kelurahan di Medan, Sumatera Utara, dilanda banjir setelah diguyur hujan sejak Selasa (26/9) malam hingga Rabu (27/9) pagi.

Menurut data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, ada dua sungai yang mengalami peningkatan debit air, Sungai Deli dan Sungai Babura.

“Akibat tingginya curah hujan, wilayah kawasan tepi sungai ikut terdampak. Ratusan rumah di bantaran Sungai Deli dan Sungai Babura terendam banjir,” ujar Manager Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kota Medan, M Yunus, Rabu (27/9).

Dia menyebutkan, tingginya air di pemukiman warga bantaran sungai itu mencapai 5 sampai 20 centimeter. Ada empat kelurahan yang terdampak banjir, dan beberapa wilayah warganya terpaksa mengungsi.

“Empat kelurahan itu yakni Kelurahan Sei Mati dan Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. Kemudian, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, serta Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang,” beber Yunus.

Diutarakannya, dampak dari banjir tersebut khusus kawasan Kelurahan Beringin, sedikitnya 60 jiwa mengungsi. Masyarakat korban banjir terpaksa menginap sementara waktu di Masjid Al Qomar.

“Kami tetap memonitoring wilayah-wilayah bantaran sungai ini. Mudah-mudahan apabila cuaca hari ini tidak hujan lagi, maka air akan surut. Sehingga, warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” ungkap Yunus. (fir)

Empat kelurahan di Medan, Sumatera Utara, dilanda banjir setelah diguyur hujan sejak Selasa (26/9) malam hingga Rabu (27/9) pagi.

Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close