Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tak Ingin Terjebak Arus Balik? Dengerin Saran Kakorlantas Nih

Rabu, 06 Juli 2016 – 16:37 WIB
Tak Ingin Terjebak Arus Balik? Dengerin Saran Kakorlantas Nih - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: RADAR CIREBON

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto memprediksi bahwa arus balik akan terjadi pada Sabtu (9/7) hingga Minggu (10/7). Dia pun membeberkan tips-tips agar pemudik tak terjebak kemacetan di arus balik.

"Arus balik kami prediksi puncaknya hari Sabtu malam Minggu. Tapi Minggu, masih ada sisanya," ujar Agung di markas Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta, Selasa (6/7).

Oleh karena itu, Agung mengatakan, pihaknya beserta Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi menghadapi arus balik nanti. Menurutnya, instansi terkait tersebut sudah melakukan evaluasi terkait gangguan yang terjadi pada arus mudik kemarin.

Sementara itu, Agung meminta agar pemudik mematuhi rambu lalu lintas guna memperlancar arus balik. Kemudian, lanjut dia, agar pemudik mengikuti arahan petugas, seperti rekayasa lalu lintas. “Patuhi rambu dan rekayasa yang sudah kami buat. Agar, bisa terbagi jumlah yang dilewati agar tidak macet kaya kemarin," pungkas Agung.

Mantan Kapolda Sulselbar ini juga menganjurkan, agar pemudik lebih awal kembali ke kota masing-masing. Sehingga, penumpukan kendaraan tidak terjadi disatu waktu bersamaan.

Menurutnya, pemudik bisa memilih hari Jumat (8/7) untuk kembali ke kota masing-masing. Anjuran ini diminta agar kemacetan parah seperti arus mudik kemarin, tidak terjadi.

"Jadi perlu saya sampaikan untuk arus balik nanti, himbauan dari kami jadi jangan mepet waktu. Artinya jangan menunggu hari Sabtu atau Minggu.‎ Kalau lebarannya Rabu, mungkin Jumat  sudah bisa pulang, sehingga jumlah volume kendaraan bisa terbagi," tandas Agung. (Mg4/jpnn)

loading...