Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Taruna AAL Korps Pelaut Latihan Praktik di Kapal Angkatan Laut

Kamis, 13 Februari 2020 – 23:59 WIB
Taruna AAL Korps Pelaut Latihan Praktik di Kapal Angkatan Laut - JPNN.COM
Sekretaris Lembaga AAL Kolonel Laut (P) Yoos Suryono Hadi, Kadeppel AAL, Komandan KAL Kadet-06, dan Palaklat Admin Game lainnya menyaksikan latihan dan praktik para taruna AAL. Foto: Dispen AAL

jpnn.com, SURABAYA - Untuk mematangkan materi VBSS (visit, board, search and seizure) yang diterima di kelas, 39 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-65 yang tengah menjalani Latihan Praktik Admin Game Keamanan Laut (Kamla) melaksanakan praktik di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-06 di Armada II Surabaya, Kamis (13/2).

Menurut Kepala Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut (Kadeppel AAL) Letkol Laut (P) Awang Bawono yang hadir menyaksikan sesi latihan ini mengatakan praktik VBSS ini merupakan rangkaian dari praktik Admin Game Kamla Taruna AAL Tingkat IV yang sudah dimulai sejak 10 Februari hingga 14 Februari 2020 mendatang.

"Pada Latihan praktik prosedur VBSS di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-06 ini, mereka dilatihkan bagaimana praktik prosedur yang benar yang dibimbing langsung Tim dari Satpaska Koarmada ll," terangnya.

Sebelum melaksanakan praktik, 39 Taruna/taruni ini, mendapat arahan dari Mayor Laut (P) Wido Dwi Anugrah Pasops Satkopaska Koarmada II dan Kapten Laut (E) Wahyu (Danden 4 Satkopaska) tentang teori-teori dan prosedur bagaimana melaksanakan VBSS sesuai dengan petunjuk dan standar keamanan.

Usai penjelasan, 39 calon perwira TNI AL ini menjalankan semua skenario praktik VBSS melingkupi materi Tehnik, Boarding (menaiki kapal sasaran), Person Search (penggeledahan personil), Vessel Search (penggeledahan ruangan di kapal) dan Heading (komunikasi melalui komunikasi KRI ke kapal sasaran).

Kepada seluruh peserta latihan, Kadeppel menekankan untuk menggunakan praktik ini dengan sungguh-sungguh. Dia berharap kepada para peserta untuk memehami ilmu yang disampaikan oleh Instruktur dengan sebaik-baiknya sebagai bekal tugas sebagai Perwira Divisi Kapal Perang nanti.

"Lattek VBSS ini harus dilaksanakan dengan kewaspadaan, hati-hati, pemeriksaan di medan sesungguhnya sangat berat, kalian akan mendapat tantangan yang berbeda dan jauh lebih sulit karena kalian akan berhadapan dengan ombak yang tinggi dan Kapal kapal asing yang melakukan pelanggaran, jangan sampai terjebak dalam pengaruh ABK kapal yang diperiksa, untuk menipu dan mencelakai kita sebagai penegak hukum di laut," pungkasnya.

Tampak hadir menyaksikan latihan VBSS ini Seklem AAL Kolonel Laut (P) Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han), Kadeppel AAL, Komandan KAL Kadet-06, dan Palaklat Admin Game lainnya.(fri/jpnn)

loading...