Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tekan Urbanisasi, Paguyuban Diminta Dilibatkan

Minggu, 11 September 2011 – 17:20 WIB
Tekan Urbanisasi, Paguyuban Diminta Dilibatkan - JPNN.COM
JAKARTA - Pakar Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry,  mengatakan, bahwa langkah jangka pendek dalam rangka mengurangi laju urbanisasi penduduk, bisa saja pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan paguyuban-paguyuban yang ada di Jakarta. Karena sebetulnya, menurut dia, sumber aliran migran itu dari daerah itu-itu saja.

Mayoritasnya, kata Sonny, adalah dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. "Sekarang sumbernya sudah tahu. Jadi, lakukan kerjasama antara paguyuban dengan pemerintah, berikan pemahaman dan sosialiasi ke daerah melalui paguyuban bahwa tidak semua orang yang berurbanisasi itu berhasil. Kegagalan seperti apa, sosialisasikan ke daerah lewat paguyuban," katanya lagi.

Untuk mencegah urbanisasi, lanjut Sonny perlu meningkatkan sektor pertanian di desa. "Karena selama ini sektor pertanian kita masih fokus pada tanaman yang nilai jualnya rendah," katanya. Menurutnya arus urbanisasi bukan harus dibendung. "Tapi, disebar ke berbagai tempat sehingga merata antar pulau," tegasnya.

Pengamat Masalah Urbanisasi dari INDIF, Wahyu Susilo, mengatakan, tidak boleh melarang mobilisasi penduduk karena itu merupakan Hak Asasi Manusia. Kata dia, tidak boleh punya kebijakan melarang orang yang bermobilitas atau melakukan urbanisasi.

JAKARTA - Pakar Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry,  mengatakan, bahwa langkah jangka pendek dalam rangka mengurangi laju urbanisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close