Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Temui Tokoh Muhammadiyah, PDIP Bantah Sasar Suara PAN

Sabtu, 03 Mei 2014 – 12:42 WIB
Temui Tokoh Muhammadiyah, PDIP Bantah Sasar Suara PAN - JPNN.COM

jpnn.com - SLEMAN - Ketua DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Idham Samawi menyebut pertemuan antara calon presiden (capres) partainya, Joko Widodo dan tokoh senior Muhammadiyah Buya Syafii Maarif sebagai silaturahmi biasa. Menurutnya, Jokowi hanya ingin belajar dari pengalaman mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut.

"Pak Jokowi datang ke Buya (Syafii Maarif) untuk belajar, termasuk tentang Muhammadiyah," kata Idham kepada wartawan di depan kediaman Buya di Sleman, Jogjakarta, Sabtu (3/5).

Mantan Bupati Bantul ini menjelaskan, Jokowi perlu tahu tentang Muhammadiyah dan sejarah panjangnya. Pasalnya, organisasi Islam tertua di Indonesia tersebut turut memengaruhi perjuangan proklamator Soekarno.

Idham juga membantah bahwa pertemuan di kediaman Buya Syafii Maarif sebagai upaya untuk meraih simpati warga Muhammadiyah. Menurutnya, pertemuan itu bukan upaya untuk mendekati Partai Amanat Nasional (PAN) yang berafiliasi dengan Muhammadiyah.

"Buya Maarif bukan orang PAN, tidak ada kaitan dengan partai. Pak Jokowi menilai beliau sebagai tokoh umat," ujarnya.

Bantahan senada disampaikan oleh Syafii Maarif sendiri. Ditegaskannya, dalam hal berpolitik setiap warga Muhammadiyah bebas menentukan pilihan masing-masing.

"Orang Muhammadiyah itu orang merdeka. Terserah mereka dalam berwarganegara. Lagi pula saya bukan dalam struktur lagi," ucapnya.(dil/jpnn)

SLEMAN - Ketua DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Idham Samawi menyebut pertemuan antara calon presiden (capres) partainya, Joko

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA