Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terbukti! Diet Ini Bisa Memangkas Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Rabu, 07 Oktober 2015 – 04:21 WIB
Terbukti! Diet Ini Bisa Memangkas Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung - JPNN.COM
ilustrasi

jpnn.com - DIET mediterania adalah salah satu program diet yang paling sehat di dunia. Tidak hanya itu, ia bahkan manjadi pola hidup yang mampu menjaga kesehatan dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit berbahaya.

Sejumlah penelitian pun telah memuji manfaat kesehatan dari diet mediterania. Kini penelitian menunjukkan diet ini juga bisa meningkatkan kadar asam lemak yang bermanfaat.

Yang disebut asam lemak di sini adalah asam lemak yang diproduksi oleh bakteri dalam usus selama fermentasi dari serat larut buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Asam lemak inilah yang diyakini memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk risiko rendah diabetes, penyakit jantung dan penyakit inflamasi.

"Kami memberikan bukti nyata dari dampak pola makan yang sehat dan pola diet mediterania," kata pemimpin studi, Danilo Ercolini, seperti dilansir laman Health, Senin (5/10).

Studi dari 153 orang dewasa Italia menemukan tingkat yang lebih tinggi dari asam lemak rantai pendek di vegan, vegetarian dan orang-orang yang menjalani diet mediterania. Diet mediterania menganjurkan mengonsumsi sejumlah besar buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, sereal, ikan dan daging.

"Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat dari diet Mediterania," kata salah satu ahli jantung Dr. Suzanne Steinbaum.

Studi ini juga menunjukkan bahwa vegan atau vegetarian memiliki tingkat yang relatif rendah dari senyawa yang disebut trimetilamin oksida (TMAO), yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung. Di antara non-vegetarian, orang-orang yang berpegang pada diet mediterania juga memiliki tingkat TMAO yang relatif rendah.(fny/jpnn)

DIET mediterania adalah salah satu program diet yang paling sehat di dunia. Tidak hanya itu, ia bahkan manjadi pola hidup yang mampu menjaga kesehatan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close