Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terobosan Baru TNI AD, Lulusan Akmil Bisa Ditempatkan di Satuan Tempur

Selasa, 21 Juli 2020 – 23:26 WIB
Terobosan Baru TNI AD, Lulusan Akmil Bisa Ditempatkan di Satuan Tempur - JPNN.COM
Prajurit TNI. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan terobosan dalam menyiapkan taruna Akademi Militer menjadi pemimpin di satuan tempur (Satpur) dan bantuan tempur (Banpur).

Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, sesuai kebijakan Jenderal Andika, nantinya lulusan Akmil menjadi pimpinan-pimpinan di Satpur maupun Banpur.

"Kurikulum sekarang sudah diubah oleh KSAD, para lulusan Akademi Militer ini akan disiapkan menjadi pimpinan-pimpinan di satuan tempur maupun banpur, itu merupakan kebijakan dari KSAD," kata Mayjen TNI Dudung Abdurachman dikutip dari YouTube TNI AD, Selasa (21/7).

Sementara itu, Dirdik Akmil Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, menjelaskan, kebijakan KSAD menambah kurikulum pendidikan baru khusus menghasilkan perwira-perwira untuk kecabangan utama, antara lain Infanteri, Kavaleri, Arhanud, Zeni, Cpn, dan CPM. ?
?
“Ini untuk mengisi satuan-satuan yang operasionalnya sangat tinggi dan dalam pengembangan secara organisasi maupun alutsistanya. Lulusan perwira nanti disiapkan untuk mengisi organisasi yang baru dan untuk memenuhi jabatan-jabatan yang tersedia di satuan tersebut,” kata Yudi Yulistyanto.?
?
Selain itu, Akmil juga telah menerapkan sistem pembelajaran e-learning atas arahan Menteri Pertahanan. Peresmiannya juga telah dilakukan Menhan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu. ?

“Fasilitas e-learning yang akan memfasilitasi seluruh taruna untuk belajar. kemudian ke depan Akmil akan membangun smart Akmil sehingga akan terkoneksi keseluruhan sistem pembelajaran maupun sistem administrasi di Akmil ini dalam satu akses yang simple,” tambah dia.?
?
Akmil pun menerapkan pembelajaran hidup bagi tarunanya untuk membentuk karakter seorang pemimpin yang berintegritas tinggi, moral yang baik, serta loyalitas yang tinggi.

Mayjen TNI Dudung Abdurachman menekankan taruna harus memahami 11 asas kepemimpinan, 13 prinsip kepemimpinan, dan 16 sifat kepemimpinan.? “Itu akan menjadi landasan saat mereka nanti menjadi pimpinan di lapangan,” ujarnya.? (cuy/jpnn)

 

Lulusan Akmil nantinya bisa menjadi pimpinan-pimpinan di Satpur maupun Banpur TNI AD.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close