Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terungkap, Ini Alasan Amerika Bunuh Jenderal Pasukan Elite Iran

Jumat, 03 Januari 2020 – 14:45 WIB
Terungkap, Ini Alasan Amerika Bunuh Jenderal Pasukan Elite Iran - JPNN.COM
Komandan Pasukan Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani dipastikan tewas akibat serangan udara Amerika Serikat di Baghdad, Irak, Jumat (3/1). Foto: Wikimedia Commons

jpnn.com, WASHINGTON - Pentagon mengkonfirmasi bahwa serangan roket yang menewaskan Komandan Pasukan Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani dilakukan oleh militer Amerika Serikat. Pembunuhan terencana itu dilakukan atas perintah Presiden Donald Trump.

"Berdasarkan arahan Presiden, militer AS mengambil langkah pertahanan yang tegas untuk melindungi personel AS di luar sana dengan membunuh Qassem Soleimani," tulis Pentagon dalam sebuah pernyataan, Jumat (3/1).

Dalam keterarangan itu, Pentagon juga mengklaim bahwa serangan ditujukan untuk menghalangi rencana serangan oleh Iran di masa yang akan datang. Serta ditekankan bahwa AS akan terus mengambil sikap yang diperlukan untuk melindungi warga dan kepentingannya di seluruh dunia.

Pentagon mengatakan bahwa Soleimani mendalangi serangan-serangan di Irak pada beberapa bulan belakangan serta menyetujui serangan berupa aksi unjuk rasa di Kedutaan Besar AS di Baghdad awal pekan ini.

Sebelum serangan dilancarkan, Menteri Pertahanan AS Mark Esper pada Kamis (2/1) menyatakan ada indikasi bahwa Iran atau pasukan milisi yang didukungnya mungkin merencanakan serangan tambahan.

Esper juga memperingkatkan bahwa permainan telah berubah dan AS kemungkinan harus mengambil langkah pencegahan untuk melindungi nyawa para warga Paman Sam di kawasan Timur Tengah. (ant/dil/jpnn)

VIDEO: Akses Ke Jakarta Putus

Pentagon mengkonfirmasi bahwa serangan roket yang menewaskan Komandan Pasukan Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani dilakukan oleh militer Amerika Serikat

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close