Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Ada Polisi, Tetap Takut Melanggar

Selasa, 05 April 2011 – 06:52 WIB
Tidak Ada Polisi, Tetap Takut Melanggar - JPNN.COM
JAKARTA-Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik yang mulai diberlakukan sejak 1 April 2011 dinilai cukup efektif meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Pengendara yang biasanya menerobos lalu lintas saat tidak ada polisi, kini berpikir dua kali. Mereka lebih tertib. Berhenti tidak melebihi garis saat lampu lalu lintas berwarna merah.

’’Dari pengamatan kita di lapangan selama empat hari ini, tingkat kedisiplinan pengguna jalan di Thamrin mulai meningkat,’’ kata Kombes Pol Royke Lumowa, Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kemarin (4/4).

Untuk itu, lanjut Royke, pihaknya berencana menambah peralatan tilang elektronik di beberapa titik lagi. ’’Pada 2011 ini akan ditambah di Jalan Jenderal Sudirman. Lokasinya masih terus dikaji,’’ terangnya.

Namun, sebelum penambahan, pihaknya akan menyempurnakan sistem tilang elektronik. Sebab, hingga saat ini, sistem ini masih ada dua kelemahan. Pertama, sistem belum terhubung dengan kepolisian di luar wilayah Polda Metro Jaya. Sehingga, Ditlantas menemui kesulitan apabila yang terkena tilang kendaraan dari luar Jakarta. Kedua, kendaraan yang dibeli setengah pakai dan belum balik nama. ’’Dua kelemahan itulah yang saat ini terus kita perbaiki sehingga sistem tilang elektronik bisa disempurnakan,’’ terangnya.

JAKARTA-Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik yang mulai diberlakukan sejak 1 April 2011 dinilai cukup efektif meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close