Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiga Jenderal Sampai Turun Tangan Bantu Anies Baswedan Tanggulangi Covid-19 di DKI

Jumat, 25 Juni 2021 – 18:04 WIB
Tiga Jenderal Sampai Turun Tangan Bantu Anies Baswedan Tanggulangi Covid-19 di DKI - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menanggulangi penanganan Covid-19 di ibu kota negara.

Menurut Budi, pihaknya mengantisipasi dan mengupayakan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat di tengah melonjaknya kasus penularan Covid-19.

Pemerintah tengah melakukan sejumlah upaya peningkatan dan intervensi. Pemerintah telah memprioritaskan ketersediaan tempat tidur.

"Pertama adalah mengenai ketersediaan tempat tidur, khususnya di daerah DKI Jakarta, saya bersama Pak Kapolri, Pak Panglima TNI, Kepala BNPB, dan Pak Gubernur selalu mengoordinasikan untuk memastikan agar jumlah tempat tidur yang ada cukup dan mengikuti perkembangan jumlah kasus yang masuk," ujarnya secara virtual, Jumat (25/6).

Dalam satu minggu terakhir, pemerintah telah melakukan konversi tiga rumah sakit besar milik pemerintah.

Yaitu RS Fatmawati, RS Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan. Tiga rumah sakit itu menjadi fasilitas kesehatan yang 100 persen menangani pasien Covid-19.

Dengan konversi tersebut, terdapat ratusan tempat tidur perawatan baru bagi para pasien Covid-19 yang disertai dengan fasilitas dan dokter serta tenaga kesehatan yang siap melayani pasien.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BNPB untuk mengubah semua kamar IGD di rumah-rumah sakit menjadi ruang isolasi.

Dengan begitu, kamar perawatan biasa dapat langsung menampung pasien-pasien yang masuk ke rumah sakit.

"Sedangkan untuk layanan IGD-nya, kami sudah memutuskan untuk membangun tenda di luar rumah sakit supaya yang ingin dicek masuknya ke sana, tidak masuk ke ruangan IGD. Karena ini akan dipakai sebagai tambahan tempat tidur," kata dia. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kepala BNPB Ganip Warsito, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menanggulangi penanganan Covid-19 di Ibu Kota Negara. Ketersediaan tempat tidur

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close