Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Timur Tengah Makin Mengerikan, Presiden Korsel Perintahkan Pengerahan Pesawat Militer

Rabu, 02 Oktober 2024 – 21:39 WIB
Timur Tengah Makin Mengerikan, Presiden Korsel Perintahkan Pengerahan Pesawat Militer - JPNN.COM
Tentara Israel melancarkan serangan udara pada Senin (30/9/2024) pagi di area Kola, Beirut, yang menandai serangan pertama Israel ke wilayah ibu kota Lebanon itu sejak konflik dengan Hizbullah mulai muncul pada Oktober 2023. (ANTARA/Anadolu/py)

jpnn.com, SEOUL - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Rabu memerintahkan pengiriman segera pesawat angkut militer untuk membawa pulang warga Korea Selatan dari wilayah yang terkena dampak konflik yang meningkat di Timur Tengah.

Presiden Yoon mengadakan pertemuan darurat dengan pejabat tinggi pemerintah untuk membahas langkah-langkah memastikan keselamatan warga Korea di kawasan tersebut dan meminimalkan dampaknya terhadap perekonomian dan pasokan energi menyusul serangan rudal Iran baru-baru ini terhadap Israel.

"Presiden memerintahkan segera mengirimkan pesawat angkut militer untuk mengevakuasi warga Korea, dengan mengatakan perlindungan warga negara kami di Israel dan di Timur Tengah adalah prioritas utama," kata juru bicara kepresidenan Jeong Hye-jeon dalam konferensi pers, Rabu.

Hingga Rabu, sekitar 130 warga Korea berada di Lebanon, 110 orang di Iran dan 480 orang di Israel, menurut kementerian luar negeri.

Yoon juga memerintahkan pemerintah untuk mengoperasikan sistem pemantauan 24 jam untuk menilai risiko terkait dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan potensi dampak konflik Timur Tengah terhadap perekonomian nasional.

"Keamanan di Timur Tengah terkait langsung dengan harga minyak global, dan juga mempengaruhi pasokan energi dan rantai pasokan kami," ujarnya.

Korea Selatan adalah importir minyak mentah terbesar keempat di dunia yang sebagian besar mengimpor minyak mentahnya dari Timur Tengah.

Iran menembakkan sekitar 180 rudal balistik ke Israel pada hari Selasa, beberapa hari setelah Israel membunuh pemimpin Hizbullah yang didukung Iran dan mengirim pasukan ke Lebanon. Israel berjanji untuk menanggapi, memicu kekhawatiran tentang konflik yang lebih besar di Timur Tengah. (dil/jpnn)

Presiden Yoon mengadakan pertemuan darurat dengan pejabat tinggi pemerintah untuk membahas langkah-langkah memastikan keselamatan warga Korea di Timur Tengah

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA