Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan Ketelitian dan Informasi Cuaca, BMKG Butuh..

Kamis, 16 Februari 2017 – 15:27 WIB
Tingkatkan Ketelitian dan Informasi Cuaca, BMKG Butuh.. - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menjelaskan, informasi cuaca untuk dunia pelayaran berasal dari pengamatan yang dikonversikan dalam bentuk informasi tinggi gelombang, arah angin dan arah gelombang.

Informasi tersebut sudah diinfokan kepada bandara dan masyarakat nelayan melalui radio pantai.

Hal itu Andi sampaikan menjawab pertanyaan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meminta pihaknya bekerjasama dengan Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Udara untuk memperbaiki sistem informasi pelayanan cuaca.

“Tentu kami membutuhkan peningkatan kerapatan dalam pengamatan untuk meningkatkan ketelitian dari informasi yang kami sampaikan lebih detail. Melihat Indonesia mempunyai 3.5 juta km persegi dan tentunya ini menjadi tantangan ke depan bagi BMKG,” papar Andi.

Terkait dengan penggunaan satelit, saat ini BMKG telah bekerjasama dengan Amerika Serikat, Jepang dan Tiongkok dalam pemanfaatan informasi cuaca.

"Bahkan satelit Jepang telah mampu memberikan informasi dalam waktu 10 menit sekali, sehingga prakiraan cuaca BMKG sudah cukup akurat. Namun, dengan adanya satelit sendiri tentu lebih baik lagi," tutur Andi.

Dalam kunjungannya, Budi juga menyaksikan langsung simulasi alat yang dimiliki BMKG, salah satunya peringatan dini tsunami serta pusat cuaca.(chi/jpnn)

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menjelaskan, informasi cuaca untuk dunia pelayaran berasal dari pengamatan

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close