Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Kembali Berulah di Laut China Selatan, Nelayan Vietnam Jadi Korban

Minggu, 05 April 2020 – 08:39 WIB
Tiongkok Kembali Berulah di Laut China Selatan, Nelayan Vietnam Jadi Korban - JPNN.COM
Peta wilayah Laut China Selatan (LCS). Ilustrasi: The Economist

jpnn.com, JAKARTA - Vietnam telah mengajukan protes resmi kepada pemerintah Tiongkok terkait penenggelaman kapal nelayan di Laut China Selatan. Menurut pemerintah Vietnam, kapal milik salah satu nelayannya telah ditabrak oleh kapal pengawas maritim Tiongkok di perairan yang disengketakan tersebut.

Kapal nelayan Vietnam, dengan delapan orang di dalamnya, sedang memancing di dekat Kepulauan Paracel pada Kamis (2/4), ketika kapal itu ditabrak dan ditenggelamkan oleh kapal Tiongkok. Kru kapal Tiongkok tersebut kemudian memindahkan semua nelayan ke dua kapal penangkap ikan Vietnam lain yang beroperasi di dekatnya.

"Kapal Tiongkok melakukan tindakan yang melanggar kedaulatan Vietnam atas kepulauan Hoang Sa (Paracel) dan mengancam nyawa dan merusak properti serta kepentingan sah para nelayan Vietnam," kata Kementerian Luar Negeri Vietnam dalam pernyataannya, Sabtu (4/4).

Vietnam dan Tiongkok telah bertahun-tahun terlibat dalam pertikaian tentang bentangan perairan kaya sumber daya alam tersebut.

Sementara itu, pihak penjaga pantai Tiongkok pada Jumat (3/4) mengklaim bahwa Kapal Vietnam secara ilegal memasuki daerah itu untuk menangkap ikan dan menolak untuk pergi. Setelah melakukan beberapa manuver berbahaya, kapal bertabrakan dengan kapal patroli Tiongkok dan tenggelam.

Insiden itu menandai kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu tahun sebuah kapal penangkap ikan Vietnam dilaporkan ditenggelamkan oleh kapal Tiongkok di dekat Paracel. (ant/dil/jpnn)

Vietnam telah mengajukan protes resmi kepada pemerintah Tiongkok terkait penenggelaman kapal nelayan di Laut China Selatan

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close